Lebih Dekat dengan Sabilar Rosyad

Cimahi, KPonline – Atas dasar dorongan dari organisasi FSPMI Sabilar Rosyad tidak menyangka dirinya menjadi salah satu kader yang direkomendasikan untuk tampil dalam kontestasi pemilu legislatif, April 2019.

Kebetulan sabilar rosyad juga adalah anggota sekaligus kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sejak lama.

Pria yang dikenal berpenampilan khas peci hitam yang selalu menempel di kepalanya ini tergolong bergaya hidup sederhana, cerdas, pandai bergaul, dan religius. Dia juga santun dalam bertutur kata.

Kalau dilihat dari segi pengalaman, Sabilar Rosyad tidak diragukan lagi. Dia telah lama berkecimpung dalam kancah perburuhan.

Terhitung sejak tahun 1994 ketika dirinya masih aktip bekerja di PT Logam Bima, Cimahi.

Selama lebih kurang 10 tahun bekerja, Sabilar Rosyad selalu aktif menjadi pengurus Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPLFSPMI) sekaligus merangkap Ketua Pimpinan Cabang (PC) dan Ketua Konsulat Cabang (KC) FSPMI Bandung Raya. Bahkan sekaligus merangkap sebagai Pengurus Pimpinan Pusat (PP) SPL FSPMI.

Menurutnya, karena sering kali aktif menjalankan tugas organisasi dirinya sering dibebas tugaskan (dispensasi) full dari pekerjaan oleh perusahaan.

Lama-kelamaan Sabilar Rosyad merasa tidak enak akhirnya di tahun 2004 memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan dan memilih untuk lebih fokus menjalankan tugas dan fungsi organisasi.

Karena loyalitas dan komitmen yang kuat, Sabilar Rosyad masih tetap Istiqomah mengemban amanah sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FSPMI Jawa Barat.

Hingga kemudian saat ini menjadi ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FSPMI Jawa Barat yang jumlah anggotanya berada di peringkat pertama di atas puluhan SP/SB se-Jawa Barat. Dia  juga merangkap sebagai Pengurus Pimpinan Pusat (PP) SPL FSPMI di jakarta.

Jika melihat dari segi kepemimpinan, Sabilar Rosyad tidak perlu diragukan lagi. Hal itu terbukti dengan menjalin keluarga yang harmonis, dinamis, dan agamis sejak pertama kali menikah dengan seorang perempuan berjilbab bernama Yeni Marlina di tahun 1997.

Hingga sekarang, keluarga ini dikaruniai 4 orang anak yaitu 1 orang putra dan 3 orang putri yang antara lain bernama: Uswatun Chasanah Al-Ishaqi, Much Azhar Ali Al-Ishaqi, Azizatul Chabibah Al-Ishaqi, dan Chanifah Rabbaani Al-Ishaqi

Sejarah pendidikan sabilar rosyad antara lain:

1.Lulusan Sekolah Dasar (SD) tahun 1986.

2.Lulusan Sekolah Tingkat Pertama (SMP) tahun 1989.

3.Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 1992.

4.Sedang kuliah di universitas negeri pasundan (UNPAS) Bandung jurusan fakultas Hukum semester akhir.

Riwayat Organisasi sabilar rosyad di antaranya:

1.Anggota sekaligus kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kota cimahi.

2.Pernah menjadi ketua PC & KC FSPMI Bandung Raya.

3.Pernah menjadi Sekretaris DPW FSPMI jawa barat dari tahun 2013 -2017.

4. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPW FSPMI) Jawa barat dari tahun 2017 hingga sekarang.

5.Pengurus Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PP SPL FSPMI) dari tahun 2013 hingga sekarang.

6.Anggota Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit provinsi Jawa Barat periode tahun 2013 – 2018.

7. Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH FSPMI) Provinsi Jawa Barat.

Atas dasar beberapa pertimbangan di atas maka organisasi tanpa ada keraguan lagi mendorong sekaligus merekomendasikan sabilar rosyad untuk mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPRD) kota Cimahi.

Sebagai bagian dari strategi buruh go politik dengan harapan jika banyak para wakil rakyat yang lolos dari buruh kedepan para buruh dan masyarakat lebih mudah lagi dalam rangka menyampaikan aspirasi untuk mencapai kehidupan yang layak serta mencapai kesejahteraan bersama.

Dengan dorongan organisasi lah akhirnya timbul niat yang besar agar di sisa hidupnya bisa lebih bermanfaat lagi bagi orang banyak lantas sabilar rosyad pun langsung bergegas mendaftarkan diri melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan alhamdulillah bisa diterima dan mendapatkan no urut 9 untuk daerah pemilihan (dapil) Cimahi 3.

Rosyad membawa visi: “Pekerja/buruh dan masyarakat kota Cimahi religius, bermartabat, dan sejahtera.”

Kemudian membawa misi: “Siap memenangkan H.PRABOWO SUBIANTO & H.SANDIAGA SALAHUDIN UNO lolos menjadi presiden dan wakil presiden RI periode tahun 2019 – 2024.”

Sebagai acuan apabila nanti terpilih menjadi anggota DPRD kota cimahi sabilar rosyad telah menyiapkan 10 prioritas program kerja sebagai berikut :

1. Mendorong aktif seluruh kegiatan keagamaan di kota Cimahi.

2. Mendorong terciptanya lapangan pekerjaan di kota Cimahi.

3. Mendorong lahirnya Interpreuneur baru di kota Cimahi.

4. Mendorong terlaksananya upah yang layak bagi seluruh pekerja/buruh di kota Cimahi.

5. Mendorong masyarakat di kota Cimahi agar terlidungi oleh BPJS Kesehatan.

6. Mendorong terciptanya Hubungan Industrial Pancasila dan Berkeadilan.

7. Memberikan advokasi bagi pekerja/buruh dan masyarakat kota Cimahi.

8. Mendorong tersedianya rumah murah bagi pekerja/buruh dan masyarakat kota Cimahi.

9. Mendorong tersedianya transfortasi murah bagi anak sekolah pekerja/buruh dan masyarakat kota Cimahi.

10. Mendorong terselenggaranya pendidikan gratis 12 tahun.

Penulis: Kadry Supriatna