Lebih Dekat dengan Koordinator Area Garda Metal Kawasan EJIP

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Setiap anggota Garda Metal wajib mempunyai jiwa resolusi dan mengamalkannya dimanapun berada. Tidak terkecuali anggota Garda Metal Bekasi yang satu ini. Bang Kenyot, begitu disapa kawan-kawannya. Nama aslinya adalah Agus Mustain.

Anggota Garda Metal, terutama di Kawasan EJIP, Cikarang Bekasi, tentu mengenal sosok yang mempunyai kepribadian ramah ini.

Bergabung menjadi anggota Garda Metal Bekasi latsar 8. Kisah hidupnya berubah sejak 13 tahun yang lalu. Setelah tamat SMK dia memutuskan pergi merantau. Meninggalkan tempat kelahirannya di Sukolilo, Pati, Jawa Tengah. Sejak saat itu, dia menjadi buruh salah satu perusahaan otomotif asal Jepang di Kawasan EJIP.

Di perusahaan tempat ini, dia menjadi anggota Serikat Pekerja FSPMI. Melalui pendidikan dan kegiatan kegiatan yang di selenggarakan serikat pekerja, membuatnya lebih tertarik dengan dunia organisasi Serikat Pekerja. Berdasarkan rekomendasi Pengurus Unit Kerja (PUK), pada tahun 2011, tepatnya bulan Desember, dia resmi bergabung menjadi anggota Garda Metal. Salah satu pilar organisasi yang dimiliki FSPMI.

Dia mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Garda Metal. Tidak semua anggota FSPMI mempunyai kesempatan yang sama seperti dirinya.

Menjadi anggota Garda Metal membuat pria satu anak ini lebih akif dalam mengikuti berbagai kegiatan organisasi, baik yang di lakukan Garda Metal sendiri maupun FSPMI. Ketika salah satu kader terbaik FSPMI Obon Tabroni maju menjadi calon bupati Bekasi 2017 – 2022, Agus Mustain di percaya menjadi koordinator kecamatan (korcam) wilayah Cikarang Selatan. Sebuah amanat yang cukup berat.

Banyak tugas dan kegiatan relawan khususnya Cikarang Selatan menjadi tanggung jawabnya. Kegiatan relawan siang maupun malam dia ikuti dengan tak kenal lelah. Kawan kawan sesama relawan pun tak pernah melihatnya mengeluh. Tak jarang dia pulang larut malam karena tugas dan kegiatan relawan yang sangat padat.

Dia termasuk beruntung. Istrinya, dengan setia mensuport semua kegiatan yang di lakukan suaminya.

Saat ini, Agus Mustain menjadi Koordinator Area Garda Metal Kawasan EJIP.

Menjadi anggota Garda Metal tidak mudah. Banyak tugas dan kegiatan organisasi setiap saat datang menghampiri. Setiap intruksi organisasipun di jalankannya dengan baik. Keaktifan dan kegigihannya dalam berorganisasi menjadikannya dekat dengan kalangan anggota FSPMI di tempatnya bekerja.

Di dalam Garda Metal banyak melahirkan sosok-sosok militan seperti ini. Memang, aktif dalam berorganisasi bukan hanya tugas Agus Mustain seorang. FSPMI butuh sosok Agus Agus yang lain, partisipasi semua anggota sangat penting untuk menyukseskan semua program dan kegiatan organisasi.

Masalah upah, belum di cabutnya PP 78 th 2015, jaminan pensiun, jaminan sosial dan semua masalah yang menjadi isu-isu perjuangan FSPMI tidak hanya menjadi tugas pengurus PC, PP maupun PUK saja. Akan tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab semua kalangan organisasi Serikat Pekerja. Tugas kita semua. Tugas saya dan anda.