KPBI Ucapkan Selamat pada Pengurus Baru KSPI

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) mengucapkan selamat atas terpilihnya Said Iqbal sebagai presiden beserta jajaran pengurus Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) periode 2017-2022. KPBI berharap kepengurusan baru KSPI dapat terus menjadi kawan perjuangan dalam memperjuangkan tidak hanya kaum buruh tapi juga seluruh rakyat yang tertindas.

KPBI menilai terpilihnya kembali Said Iqbal merupakan bukti kepemimpinannya di KSPI selama periode sebelumnya. Terlebih, ia mendapat kerpecayaan untuk terpilih secara aklamasi. “Di bawah kepemimpinan Bung Iqbal, KSPI adalah kawan yang konsisten dalam menolak liberalisasi ekonomi, terutama PP Pengupahan 78/2015,” kata Ketua Umum KPBI Ilhamsyah.

Selain itu, Ilham juga menilai kepengurusan KSPI di bawah Bung Iqbal dapat berjalan secara efektif. Kepengurusan itu menggabungkan kerja-kerja organisasi dengan dukungan staf-staf profesional. KSPI juga terkenal sebagai organisasi buruh yang tertib dalam administrasi.

Terkait kepengurusan baru, KPBI berharap KSPI dapat terus bersama menjaga nilai-nilai demokrasi. Dengan anggota lebih dari satu juta buruh di sembilan federasi, KSPI memiliki pengaruh dalam mewarnai jalannya demokrasi di Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KPBI Damar Panca Mulya berpesan agar KSPI terus menjaga konsistensi dalam membangun persatuan kelas buruh. “Dengan persatuan, buruh dapat semakin menjadi motor dalam meperjuangkan kelompok rakyat lainnya yang tertindas,” kata Damar.

Terlebih, KSPI bersama KPBI, FSPASI, dan FSUI tengah bersama-sama membangun alat politik Rumah Rakyat Indonesia. Alat politik ini dideklarasikan pada Hari Buruh 2016 di Jakarta sebagai embrio untuk pembangunan partai politik yang berlandaskan gerakan rakyat.