Komunitas Fotografi Bekasi Rayakat HUT ke 6

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Bertempat di villa Cipendawa, Cianjur, Komunitas Fotografi Bekasi (KFB) merayakan ulang tahunnya yang ke 6.

Pecinta foto ini melakukan kegiatan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu tanggal 23 dan 24 September 2017, di ikuti 15 orang anggota. Pukul 2 siang acara dimulai dengan pembacaan rundown acara.

Edy Purnomo, mewakili panitia mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memperat silaturahim antar anggota. “Komunitas ini selain menyatukan para pecinta foto, juga harus bisa menjadi ajang bagi anggota untuk melatih bagaimana berorganisasi dengan baik, melatih kekompakan dan melatih anggota untuk saling peduli satu dengan yang lain,” kata pria yang juga anggota Media Perdjoeangan FSPMI.

Ketua umum KFB Prima Puspaha juga berpesan agar anggota bisa saling menghargai, dan saling berbagi ilmu. Pria yang akrab di sapa bang Bima ini juga mengaku terkesan dengan acara yang di jadwalkan panitia. Acara pun dilanjutkan dengan workshop fotografi yang terdiri dari teori dan praktek.

Dalam workshop bang Bima mengulas kembali masalah mengenai basic fotografi dan mengajarkan bagaimana memahami tema foto dalam sebuah perlombaan fotografi.

Malam hari setelah ishoma acara di lanjutkan dengan mengulas foto, potong kue, dan diskusi fotografi serta mebahas masalah internal organisasi setahun yang lalu dan apa yang akan dilakukan organisasi di masa mendatang.

Komunitas Fotografi Bekasi mempunyai 4 divisi, yaitu kamera lubang jarum (KLJ), Lansdcape, Journalisme, dan bisnis. Di tengah-tengah menjamurnya komunitas fotografi di Bekasi, terbukti KFB masih bisa eksis hingga sekarang. Komunitas yang mempunyai kantor sekretariat di daerah Kompas, Tambun, Bekasi ini mempunyai anggota yang masih bertahan mencapai kurang lebih 35 orang. Terdiri dari berbagai latar belakang profesi seperti mahasiswa, pelajar dan buruh pabrik.

Setiap satu bulan sekali mereka mengadakan pertemuan rutin untuk membahas berbagai masalah terkait internal organisasi maupun eksternal organisasi. Ucapan selamat ulang tahun ke 6 datang dari berbagai kalangan dan fotografer amatir maupun profesional.

Di antaranya datang dari Oscar Matulloh (kepala Divisi museum dan galeri foto jurnalistik Antara), Priadi Sufjanto ( dosen fotografi Institute Kesenian Jakarta), Ray Bactiar ( fotografer pro/ founder Kamera Lubang Jarum Indonesia), Titi Bachtiar (penulis buku telinga panjang), dan lain sebagainya.

Dalam akun facebooknya, ketua Media Perdjeangan Nasional FSPMI , Iwan Budi Santoso juga mengucapakan selamat ulang tahun ke 6 untuk Komunitas Fotografi Bekasi. Bang Jaket Ijo (sapaan akrab Iwan Budi Santoso) berharap semoga KFB semakin jaya dan berkembang serta menghasilkan karya karya yang luar biasa.

Komunitas memang berbeda dengan organisasi Serikat Pekerja, tetapi melalui Komunitas Fotografi Bekasi juga bisa menjadi ajang anggota untuk berlatih berorganisasi.