KC FSPMI Serang : Kekuatan Organisasi Berawal dari Akar Rumput

Serang, KPonline – Setelah 1 tahun tepat Juli 2022 lalu, pergantian kepengurusan Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kab.Serang, pengurus serta perwakilan seluruh PUK SPA, diundang dalam Rapat Kerja KC bertempat di RM Dapoer Indah, Cikande Serang, Selasa (29/08).

Agenda ini juga di hadiri Ketua Exco Partai Buruh, pilar Media Perdjoeangan, dan garda metal Kabupaten Serang.

Dalam kegiatan tersebut dibahas program kerja dan evaluasi kerja KC FSPMI selama 1 tahun, strategi pengupahan 2024, kondisi internal FSPMI, serta perkenalan Caleg FSPMI dari Kab.Serang yang sudah memenuhi verifikasi administrasi dan masuk dalam tahap DCS atau daftar calon sementara. Rapat dibuka oleh Isbandi Anggono perwakilan pengurus KC.

“Perjuangan upah itu kitalah yang berjuang, kita harus memiliki prinsip upah karna tahun depan kita menuntut kenaikan 15% dan kita harus kawal, apalagi ada isu akan ada kenaikan bbm. Kita tidak boleh main main tentang upah,¬† ini perjuangan maka kita harus susun konsepnya secara benar,” kata Isbandi.

Menurutnya, jika hal ini terjadi lagi dan tidak diiringi dengan kenaikan upah yang signifikan maka akan mengerus penghasilan buruh. Hal serupa disampaikan oleh Ketua KC, Soni Andika.

“Sudah 1 tahun lebih kepengurusan KC kabupaten serang periode 2022-2027, kita sama-sama evaluasi untuk hal ini. Mau berapa persen pun klo kita tidak punya dasar tentang kenaikan upah akan mudah di patahkan,” ujar Soni.

Soni menambahkan, depekab sudah mulai menyusun konsep, mencari data BPS dan lakukan lagi survey pasar. Agar data yang didapat akurat dengan keadaan Kab. Serang yang sebenarnya.

“Kita tetap pada instruksi organisasi, 15% harus diperjuangkan. Tapi kalo nggak ada konsep gimana bisa maksimal?” pungkasnya.

Program KC yang belum dilakukan adalah kunjungan kerja ke tiap puk, dan belum ada pembaharuan data base dari masing – masing PC SPA untuk anggota per PUK-nya.

Setelah detail penyampaian laporan pertanggung jawaban selama 1 tahun. Agus Rochman selaku ketua exco PB kabupaten serang memperkenalkan perwakilan caleg FSPMI.

Dia mengatakan bahwa data caleg yang sudah memenuhi vermin dan masuk dalam DCS yaitu caleg yang Memenuhi Syarat (MS) ada 39 orang sedangkan TMS 10 orang di Kabupaten Serang.

2023 adalah perjuangan yang keras mengingat akan masuk dalam tahun politik dan pimpinan organisasi serikat pekerja yang akan ikut berkompetisi maju mencalonkan diri sebagai calon legislatif. Mengingatkan agar tidak  membelakangi hajat organisasi untuk tetap konsentrasi juga untuk keberlangsungan rumah besar ini.

Disesi akhir agenda, Soni mengatakan bahwa seluruh pimpinan cabang bersama anggota, untuk membangun suatu organisasi yang kuat dan punya semangat Solidaritas yang tinggi.

“Perlu dukungan dari semua anggota karena kekuatan organisasi yang sangat penting adalah kekuatan dari akar rumput”, ucap Soni.

Penulis : Wahyu
Foto : Ismail

riden hatam aziz