Jamkeswatch : Sehat Hak Rakyat

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Untuk memastikan kondisi masyarakatnya sehat, pengurus RW 013 Blok E, perumahan Mega Regency, Serang Baru, kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Pengawas Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkeswatch) kab/kota Bekasi mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) berupa pengobatan gratis pada hari sabtu (2/6).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini melibatkan beberapa Rumah Sakit (RS) dan klinik di kabupaten Bekasi seperti  RS OMNI Hospital Cikarang, RS Bella Bekasi, RS Annisa, RS Amanda Serang, RS Medirossa Cibarusah, Banyu Medika Clinic, Klinik Noah Arofa, klinik Sumber Waras, klinik Asih Anugerah, dan klinik Putra Medika grup.

Selain itu kegiatan ini juga di dukung oleh paguyuban RW se-perumahan Mega Regency dan Lembaga Takmir Masjid NU (LTM-NU). Beberapa orang Relawan Jamkeswatch Bekasi juga nampak hadir, seperti Supriadi, Nurhayati, Wahyu Triono, Zainal Arifin, Tukimun dan Indra Zakaria.

Menurut ketua RW 013 Wahyudi mengungkapkan bahwa sebelum mengadakan kegiatan baksos dirinya sudah mengecek langsung kondisi warga. Ditemukan fakta dilapangan banyak warga yang sakit setiap tahun bukan berkurang tetapi malah bertambah. Ada juga warga yang mengalami sakit parah, tetapi karena tidak terdeteksi sejak dini akhirnya sakit yang diderita sudah sampai stadium akhir.

“Rata-rata banyak warga yang mengalami diare, batuk, sakit tenggorokan (pancingan) bahkan jantung dan lain lain. Kesadaran mereka untuk mengecek kesehatannya pun masih sangat minim. Oleh karena itu kita adakan kegiatan ini, supaya warga tahu kondisi kesehatannya. Apalagi banyak yang akan pulang kampung saat lebaran nanti, maka kondisi mereka harus sehat, “Ungkap pria yang juga menjadi Relawan Jamkeswatch ini.

Panitia baksos mentargetkan ada 300 KK yang mendaftar. Setiap KK ada 2 sampai 4 orang pendaftar. Warga juga sangat antusias dengan kegiatan ini. Terbukti sebelum kegiatan dibuka jam 3 sore, banyak warga yang sudah mendaftar ke panitia sejak siang.

Dalam kesempatan yang sama, relawan jamkeswatch kab/kota Bekasi Supriadi mengatakan bahwa Jamkeswatch suport penuh adanya kegiatan bakti sosial di manapun berada. Supriadi berharap para relawan Jamkeswatch Bekasi juga suport kegiatan bakti sosial di wilayahnya sendiri.

“Kebanyakan relawan Jamkeswatch membantu warga wilayah lain bahkan melakukan advokasi di luar kabupaten Bekasi. Jadi alangkah lebih baiknya lagi jika para relawan tersebut juga membantu warga di tempat tinggalnya masing-masing, “kata Supriadi.

Pria yang juga menjabat sebagai pengurus bidang pendidikan DPD Jamkeswatch Bekasi ini juga mengungkapkan masih banyak warga yang belum paham mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Banyak warga yang menanyakan seputar BPJS, tadi kita buka konsultasi, meliputi masalah data, pendaftaran peserta atau masalah penanganan di rumah sakit. Ada juga yang menanyakan masalah bagaimana cara mutasi data pekerja dari yang sudah ter-PHK ke peserta mandiri, “Tambah Supriadi.

Sementara itu Dokter Bayu dari Rumah Sakit OMNI Cikarang menyatakan sangat mendukung kegiatan bakti sosial yang diadakan RW 013. “Kita dari team OMNI Hospital banyak yang ke sini, termasuk saya sangat mendukung kegiatan ini. Tujuan kita untuk amal jadi semuanya gratis, “Kata Dokter spesialis penyakit dalam OMNI Hospital ini.

Menurutnya, kebanyakan warga mengeluhkan masalah kolesterol, hipertensi, gula darah, lambung dan asam urat.

“Sampai saat ini kita masih melakukan pemeriksaan awal (konsultasi), belum ada yang kita rujuk ke Rumah Sakit. Misalnya nanti mereka ingin melakukan pemeriksaan lanjutan, akan kita kasih rujukan, “Ungkapnya.

Panitia baksos menjadwalkan kegiatan ini selesai jam 10 malam atau jika semua pendaftar sudah selesai dilayani. Setelah itu akan dilakukan evaluasi, jika ternyata minat masyarakat masih sangat tinggi, bahkan belum ada tanda-tanda berkurangnya warga yang sakit, kegiatan serupa akan dilakukan kembali di lain waktu. Masalah kesehatan memang masih menjadi masalah serius, butuh perhatian semua pihak, terutama pemerintah pusat dan daerah.

Jamkeswatch hadir untuk memastikan masyarakat pengguna BPJS bisa dilayani dengan baik. Sesuai dengan slogan Jamkeswatch, Sehat Hak Rakyat. (Ed/Photo :Ocha)

Pos terkait