Istri Presiden KSPI Said Iqbal Meninggal Dunia

Jakarta, KPonline – Innalillahi wa inna illaihi roji’un.

Istri Presiden KSPI yang juga merupakan Presiden FSPMI, Said Iqbal yang bernama Ika Liviana Gumay meninggal dunia. Ika meninggal pada hari Rabu, tanggal 17 Juli 2019 jam 21.55 di Rumah Sakit Premiere Jatinegara.

“Kami sekeluarga memohon maaf bilamana ada kesalahan almarhumah semasa hidupnya dan bila ada hutang almarhumah Ika Liviana Gumay, mohon kiranya memberitahu kepada kami,” demikian pesan yang disampaikan Said Iqbal.

“Mohon kiranya dangan segala kerendahan hati untuk mengirimkan alfatihah untuk almarhumah Ika Liviana Gumay,” lanjutnya.

Almarhumah meninggalkan suami dan seorang anak bernama Syarifah Soraya, yang sudah menjadi dokter.

Said Iqbal dan Ika bertemu ketika keduanya bekerja di sebuah perusahaan elektronik yang terletak di Bekasi.

Ika meninggal setelah belasan tahun berjuang melawan penyakit Lupus. Lupus sendiri merupakan penyakit langka.

Lupus adalah penyakit peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Penyakit seperti ini disebut penyakit autoimun. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dan organ tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Pada kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Akan tetapi pada penderita lupus, sistem imun justru menyerang tubuhnya sendiri.

Penyebab terjadinya lupus pada seseorang hingga saat ini belum diketahui. Sejauh ini, diduga penyakit yang lebih menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki ini dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dan lingkungan.