Ini Yang Sebaiknya Di Lakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

Jakarta,KPonline– Ribuan buruh dari berbagai wilayah seperti Bekasi, Subang dan Bogor berhamburan keluar dari pabrik menuju tempat evakuasi saat terjadi gempa Lebak Banten.

“Saya tadi sempet kaget ketika ada benda yang bergetar,dan sedikit goyang disekitar area kerja. Melihat kawan yang lain pada lari keluar saya juga reflek ikut keluar sempet menunggu sekitar 7-10 menit di luar area kerja ” ujar Jhole , buruh Fata Sarana Bekasi

Bacaan Lainnya

” Setelah aman serentak semua karyawan pada masuk kembali kearea kerjanya masing-masing. ” Tambahnya yang masih pake alat Safetynya.

” Karyawan keluar semua mas, berasa banget di atas ” Tambah Hervin, buruh yang juga bekerja di Bekasi

Selain Bekasi, buruh Punkook Subang juga berhamburan keluar pabrik saat terjadi Gempa.

Berdasarkan informasi yang redaksi dapatkan dari BMKG, Gempa terjadi di Lebak Banten. #Gempa Mag:6.4 SR, 23-Jan-18 13:34:50 WIB, Lok:7.21 LS,105.91 BT (81 km BaratDaya LEBAK-BANTEN), Kedlmn:10 Km, tidak berpotensi Tsunami. #BMKG

Gempa Bumi sendiri adalah getaran yang terjadi dipermukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang sismik. Gempa bumi dapat terjadi karena adanya aktivitas tektonik (Pergerakan lempeng) atau vulkanik (Aktivitas magma yang terjadi sebelum/saat gunung api meletus).

Apa yang sebaiknya dilakukan saat terjadi Gempa Bumi?

– Bila berada didalam bangunan, segera berlindung dibawah rangka bangunan atau dikolong benda yang kuat (Meja, Kursi dll) setelah itu keluarlah menuju tempat terbuka menggunakan tangga darurat. Menjauhlah dari jendela kaca dan benda-benda yang berpotensi akan jatuh (Lampu, Lemari, Vas Bunga dll)

– Bila berada diluar, cari tempat terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, baliho, pohon tinggal dll yang berpotensi roboh.

– Bila sedang mengemudi, berhentilah dan menjauh dari jembatan atau terowongan.
– Bila berada dipegunungan, hindari lereng dan jurang dan waspadalah dengan reruntuhan batu atau tanah longsor akibat gempa.

– Bila berada di pantai, segeralah berpindah kedaerah yang lebih tinggi untuk menghindari apabila gempa berpotensi menyebabkan gelombang tsunami.

Masyarakat haruslah bisa meningkatkan kesiapsiagaan apabila terjadi gempa bumi. Konsepnya sederhana yaitu dengan Mengurangi Kemungkinan (pencegahan), Mengurangi Korban, Mengurangi Risiko dan Menjalin Kerjasama dengan Pemerintah maupun Pihak Swasta.

Pos terkait