Garda Metal Cirebon Raya Gelar MUSDA I

Cirebon, KPonline – Garda Metal sebagai pilar Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Cirebon Raya menyelenggarakan Musyawarah Daerah yang pertama (Musda I). Bertempat di Gedung Balai Latihan Kerja Kabupaten Cirebon, minggu (07/1/2018) dengan mengambil tema “Singkirkan Ketidakpastian Karena Diam Bukanlah Kenyamanan, Teruslah Bergerak Satukan Arah Perjuangan”.

Acara dimulai oleh sambutan ketua panitia, Saluki. Dalam sambutannya beliau memaparkan kilas balik sejarah adanya garda metal di FSPMI Cirebon Raya. “Berawal dari 6 anggota garda metal cirebon yaitu Bung Rano, Bung Apendi, Bung Asep Jamhuri, Bung Dori, Bung Diding Karmedi dan dirinya sendiri, yang mengikuti latihan dasar garda metal di Curug Cijalu Purwakarta, tiga tahun silam tepatnya 30-31 Agustus 2015. Bertepatan dengan aksi nasional di Jakarta, menolak PP 78/2015 yang bertahan disemprot watercanon sampai bermalam di Istana Negara, bahkan keesokkan harinya aktivis buruh dan mahasiswa dikriminalisasi pihak berwajib.

Bacaan Lainnya

Dari momentum itulah keenam anggota garda metal cirebon terus eksis menggelorakan perjuangan kaum buruh FSPMI Cirebon pada khususnyanya dan seluruh kaum buruh yang ada di Cirebon pada umumnya. Meskipun dengan jumlah yang sedikit tetapi solid dan tidak pernah absen ketika instruksi aksi diturunkan oleh Konsulat Cabang FSPMI Cirebon Raya. Kami ber-enam mengambil peranan masing-masing namun tetap bekerjasama meskipun belum ada pangkordanya, karena secara aturan di Peraturan Organisasi Garda Metal, setelah berjumlah minimal 50 anggota garda metal, barulah kita dapat menentukan siapa saja pengurus pimpinan daerah Garda Metal nya. Sekarang anggota Garda Metal kita sudah berjumlah 69 anggota. Dan saat inilah hari yang dinantikan, kita akan menoreh sejarah bahwa FSPMI Cirebon Raya pergerakannya bisa besar seperti kota-kota lainnya. Tetap semangat, selamat bermusda, hidup buruh, hidup garda metal dan hidup FSPMI”, menutup sambutannya.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh ketua Konsulat Cabang FSPMI Cirebon Raya, Asep Feddy Hartono sekaligus membuka Musyawarah Daerah I Garda Metal Cirebon. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh anggota untuk tetap solid mengedepankan satu komando, satu instruksi karena tahun ini memasuki masa pemilihan kepala daerah.

Tamu undangan juga diberikan kesempatan menyampaikan sambutan, Bapak Karsim mewakili jajaran Koramil dan Bapak Agum Gumelar mewakili jajaran Kasat intel Polres Sumber. Yang mengapresiasi pergerakan FSPMI Cirebon Raya dalam membela hak anggotanya. Beliau menyampaikan “Manfaatkan musyawarah daerah ini untuk memilih pemimpin dan pengurus Garda Metal yang tepat, baik, jujur, amanah dan bertanggungjawab terhadap organisasi”.

Acara yang dihadiri kurang lebih 200 orang, berasal dari anggota FSPMI Cirebon Raya, tamu undangan dan tamu dari perwakilan kordinator daerah wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pengurus Garda Metal Nasional yang diwakili¬† Supriyadi atau yang biasa di panggil ‘Bung Piyong’ dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, salah satunya agar FSPMI dan Garda Metal Cirebon terus bergerak dan mendukung perjuangan kaum buruh melalui pertarungan pilkada yang mengusung calon dari FSPMI. “Dalam waktu dekat ketua KC FSPMI Purwakarta Bung Fuad akan maju dalam bursa pemilihan bupati. Langkah pemenangan bung Fuad harus kita dukung dan diharapkan relawan dari garda metal bisa mengawal dan mengamankan pos-pos TPS”.

Adapun Susunan Kepengurusan Garda Metal FSPMI Cirebon Raya 2016-2021 adalah sebagai berikut :
Pangkorda : Rano Sudibyo
Sekretaris : Apendi
Bendahara : Saluki

Divisi Aksi
Ketua : Iwan Gunawan
Wakil : Supri

Divisi Pelatihan
ketua : Joko Suharyanto
wakil : muadi

Divisi Organisasi
ketua : Asep Jamhuri
wakil : imron

Divisi Informasi dan Dokumentasi
ketua : Kusnandar
wakil : Aliwitoto

Divisi Perlengkapan dan Logistik
ketua : Sunarjo
wakil : Sandy

Divisi Transportasi
ketua : hartono
wakil : Azis

 

Kontributor : Ukie/Trian 

Daftar Sekarang

Pos terkait