FSPMI Cirebon Gelar Konsolidasi dan Pelantikan PUK Baru

Cirebon, KPonline – Hari-hari yang penting kembali dijalani oleh Konsulat Cabang FSPMI Cirebon Raya. Setelah kemarin melakukan pendidikan advokasi, kali ini moment penting kembali dilaksanakan yaitu konsolidasi akbar SPA FSPMI Cirebon Raya dan pelantikan PUK CV. Prima Perkasa. Hal ini membuktikan bahwa FSPMI Cirebon aktif dalam pergerakan.

Tujuan diadakanya konsolidasi yaitu untuk menjemput kesejahteraan kaum buruh yang secara aktif akan dilakukan dengan cara-cara elegan, yakni dengan berserikat. Karena dengan berserikat kesejahteraan akan dapat terwujud itupun harus disertai pergerakan yang terus menerus. Selain itu tujuan konsolidasi akbar ini sebagai persiapan besar menuju may day 2017.

Dipastikan, FSPMI Cirebon akan all out turun ke jalan melakukan aksi di daerah.

Acara yang helat pada minggu 16 April 2017 bertempat di Balai Latihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Cirebon ini dihadiri Asep Feddy Hartono selaku ketua KC FSPMI Cirebon, Moh. Mahbub selaku Sekretaris FSPMI Cirebon, Rano Sudibyo sebagai Pangkorda Garda Metal Cirebon, perwakilan dari seluruh PUK, Pengurus Cabang SPAI FSPMI Kabupaten Cirebon, relawan Jamkeswatch Cirebon, serta Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP SPL yakni Muhammad Yadun dan Kholik.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu mars FSPMI. Sambutan dari Ketua Pelaksana Miski mengawali sejumlah rangkaian acara yang menyoroti tentang pentingnya berserikat. Kehadiran PUK baru diharapkan menjadi tambahan darah segar perjuangan FSPMI Cirebon Raya dengan bertambahnya jumlah anggota setiap tahunnya, dengan demikian FSPMI Cirebon diharapkan mampu menambah kuota untuk duduk di dewan pengupahan dan LKS Tripartit.

Dilanjut dengan sambutan dari Moh.Mahbub yang memberikan gambaran tentang serikat pekerja dan pergerakan FSPMI yang mengupas tuntas cara-cara pergerakan FSPMI yang tidak berkompromi dengan para pengusaha bobrok dan pejabat yang hanya memanfaatkan kaum buruh untuk berpolitik. Momentum May Day atau hari buruh sedunia seakan menjadi cambuk bagi kaum pekerja seluruh dunia terkhusus di Cirebon agar mempunyai semangat juang yang tinggi untuk mengupayakan kehidupan buruh yang lebih sejahtera.

Sesuai dengan tema konsolidasi akbar kali ini yaitu menjemput kesejahteraan kaum buruh, FSPMI tidak akan pernah surut untuk menyerukan, mendesak kepada pemangku jabatan untuk mencabut PP 78/2015 yang menyengsarakan buruh indonesia. May day tahun 2017 FSPMI Cirebon Raya dipastikan all out turun ke jalan melakukan aksi di dinsosnakertrans dan kantor bupati, dengan menggaungkan isu-isu perburuhan seperti Tolak PP 78/2015, tolak TKA China illegal, tolak revisi UU 13/2003, hapus sistem outsourching, turunkan harga kebutuhan pokok, tegakan kemandirian energi dan dipastikan may day tahun ini FSPMI Cirebon Raya bergerak demi mencapai kesejahteraan kaum buruh.

Setelah penyampaian oleh Moh. Mahbub dilanjutkan dengan pelantikan PUK CV.Prima Perkasa dengan pengucapan sumpah yang dilaksanakan dengan lancar dan khidmat dilantik oleh Sekretaris Umum PP SPL FSPMI dan disaksikan oleh seluruh peserta konsolidasi. Berlanjut dengan acara sambutan dari Ketua Umum PP SPL FSPMI yang menyampaikan tentang hasil Rakernas PP SPL FSPMI yang ingin menambah puk SPL di Cirebon. Tidak hanya itu beliau juga menyampaikan motivasi, manfaat dan fungsi berserikat bagi karyawan terutama FSPMI.

Sambutan juga disampaikan dari perwakilan relawan Jamkeswacth yang disampaikan oleh Wawan Kuswanto yang memberikan informasi tentang keberadaan Jamkeswatch di Cirebon serta memberikan penjelasan mengenai BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Jamkeswatch yang dibentuk oleh KSPI-FSPMI lahir atas dasar keprihatinan tentang buruknya pelayanan dibidang kesehatan masyarakat. Jamkeswatch lebih cenderung membantu disisi kemanusiaan. Dalam menjalankan tugasnya jamkeswatch dibantu oleh relawan jamkeswatch yang 1×24 jam nonstop siap menolong, membantu, mendampingi dan memberikan arahan kepada pasien, baik dari anggota FSPMI maupun masyarakat umum apabila ada kendala dalam pelayanan BPJS kesehatan di instansi terkait, seperti di rumah sakit, puskemas dan pelayanan kesehatan lainnya, sampai benar-benar peserta BPJS JKN mendapatkan apa yang menjadi haknya. Karena Sehat hak rakyat. Tandasnya.

Tepat pukul 16.00 acara Konsolidasi Akbar dan pelantikan PUK PT.Prima Perkasa ditutup langsung oleh Kepala Bidang Organisasi Pimpinan Pusat, Agus Kuncoro.

Penulis : Triyan Handoko

Cloud Hosting Indonesia