DPR RI Hujan Deras Buruh Masih Bertahan Tolak Omnibus Cilaka

  • Whatsapp

Jakarta,KPonline – Hujan Deras yang mengguyur gedung DPR RI, tak menyurutkan buruh menghentikan aksi demo pada hari ini (20/1). Mereka terus melakukan demo menolak omnibus law RUU Cipta Lapangan Kerja (Cilaka) di depan kompleks parlemen tersebut

Massa yang bertahan di lokasi menggunakan jas hujan, dan payung. Namun, tak sedikit pula yang bertahan meski sekujur tubuh basah oleh air hujan.

Berita Lainnya

Sementara itu, untuk pengalihan ataupun rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi bersifat situasional. Sejauh ini, polisi menutup Jalan Gatot Subroto (Semanggi arah Slipi). Sementara situasi lalu lintas di tol Jalan Dalam Kota yang berada di seberang kompleks parlemen terlihat masih lancar.

Omnibus Law sendiri merupakan gabungan atau penyederhanaan dari beberapa Undang-undang dimana Undang-undang Ketenagakerjaan termasuk di dalamnya.

Dengan adanya Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Lapangan Kerja ini di prediksi akan mengancam kesejahteraan dan posisi daripada buruh itu sendiri.

Berikut beberapa isi dari Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Cilaka) yang merugikan buruh dan mendapat protes keras dari buruh :

1. Menghilangkan Upah Minimun di ganti dengan upah per jam

2. Menghapus pesangon

3. Tenaga Kerja Asing (TKA) akan semakin mudah masuk ke Indonesia

4. Menghapus sanksi pidana bagi pengusaha

5. Menghilangkan Jaminan Sosial Pekerja

6. Outsourcing dan buruh kontrak semakin diperluas.

Pos terkait