DPC FSP KEP KSPI Karanganyar Pelajari Koperasi dan Pergerakan Buruh di Gresik

  • Whatsapp

Karanganyar, KPonline – Dalam rangka penguatan organisasi dan peningkatan peran serta anggota dalam kemampuan berorganisasi dan kesejahteraan anggota, DPC FSP KEP Kabupaten Karanganyar beserta para Pimpinan Unit Kerja mengadakan kunjungan kerja ke DPC FSP KEP Kabupaten Gresik. Demikian disampaikan Ketua DPC FSP KEP KSPI Karanganyar Danang Sugiyatno dalam keterangan tertulis yang diterima koranperdjoeangan.com.

Sekretaris DPC FSP KEP KSPI Karanganyar Widhi Haryanto menambahkan, yang paling utama saat berada di Gresik adalah belajar pengelolaan koperasi karyawan yang dikelola DPC FSP KEP KSPI Kabupaten Gresik.

Seperti diketahui, DPC FSP KEP KSPI Gresik mampu mengelola koperasi dengan sangat baik sehingga mampu memotong jalur distribusi dan pada akhirnya harga jual ke anggota jauh lebih murah dibandingkan manakala anggota belanja di toko modern bahkan warung tetangga. Dengan potensi keanggotaan serikat pekerja terorganisir, diharapkan mampu meningkatkan kesejateraan anggota.

Disampaikan lebih lanjut kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2017 dan akan diberangkatkan secara resmi oleh Bupati Karanganyar H. Drs Yuliatmono, MM di rumah Danang Sugiyatno (Ketua DPC FSP KEP KSPI) Sambi Rejo, (mBirjo) Jaten, Karanganyar.

Dalam kesempatan berbeda, Bupati Karanganyar menyampaikan bahwa kesejahteraan buruh tidak hanya terpaku hanya pada masalah UMK saja, akan tetapi ada kesejateraan lain yang didapat buruh baik itu pendidikan gratis, kesehatan gratis, hal ini otomatis akan mengurangi belanja upah mereka dari UMK.

Pengurus Perwakilan Daerah Propinsi Jawa Tengah Konfedarasi Serikat Pekerja Indonesia (Perda KSPI) Eko Supriyanto yang ikut dalam kegiatan tersebut dan kesempatan yang sama menyampaikan, selain terkait dengan koperasi, di Pimpinan Unit Kerja dan DPC FSP KEP KSPI Karanganyar akan belajar dan berharap dapat meniru pergerakan buruh di Kabupaten Gresik.

Pergerakan buruh di Kabupaten Gresik telah menginspirasi banyak hal di antaranya perihal koperasi, UMK yang jauh lebih baik daripada UMK di Karanganyar, Keterlibatan anggota dalam berserikat, check of system organisasi dan banyak hal yang akan bisa dipelajari disana pungkasnya.