KP Online

Suara Kaum Buruh

Berita

Buruh Tangerang Besok Siap Kepung Kantor Kemenaker di Jakarta

Tangerang,KPonline – Ratusan buruh dari Tangerang dan Banten yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berencana akan menggelar aksi unjuk rasa di kantor Kementerian Ketenagakerjaan pada hari Kamis, tanggal 31 Oktober 2019.

Mereka akan bergabung dengan buruh lainnya yang berasal dari daerah penyangga ibukota yakni Bekasi, Karawang, dan juga Bogor yang akan menuntut agar Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (PP 78/2015) segera di revisi.

Seperti di ketahui dalam PP 78/2015 diatur formula kenaikan UMP/UMK berdasarkan inflansi dan pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional.

Tahun ini besarnya inflansi yang digunakan adalah sebesar 3,39% dan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,12%. Dengan demikian kenaikan UMP/UMK tahun 2020 adalah sebesar 8,51%.

Ahmad Jumali ketua Konsulat Cabang FSPMI Tangerang Raya dalam acara konsolidasi hari ini (30/10/19) menyampaikan perjuangan buruh harus bisa maksimal dalam perjuangan upah, harus terus bergerak jangan pantang menyerah.

Dengan digantinya Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memunculkan harapan bagi kaum buruh agar menteri tenaga kerja yang baru yakni ibu Ida Fauziyah bisa memberikan kebijakan yang memihak bagi kaum buruh.

Dalam aksi yang akan dilakukan besok selain menyuarakan untuk tolak PP 78/2015 tentang Pengupahan, buruhpun menyuarakan untuk menolak Perpres 75/2019 terkait kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

(Yayat)