KP Online

Suara Kaum Buruh

Laporan Utama

BPJS Ketenagakerjaan Gelar Lomba Habiskan Anggaran Ratusan Juta, Buruh Pertanyakan Manfaatnya

Bekasi, KPonline – BPJS Ketenagakerjaan rencananya akan mengelar acara lomba lari marathon bertajuk BPJS Ketenagakerjaan Relay Marathon 2019 di kawasan Epicentrum Kuningan Jakarta, pada Minggu 15 Desember 2019.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh panitia, ada total hadiah ratusan juta rupiah. Diantranya doorprize 3 buah sepeda lipat, 5 buah smartwatch dan 5 buah smartphone serta hiburan dari Project Pop dan DJ Yasmin.

Sontak hal tersebut menimbulkan rasa penasaran dan kecaman oleh buruh selaku “pemegang saham” BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk apa BPJS Ketenagakerjaan menghabiskan dana yang dikumpul dari iuran buruh hingga ratusan juta buat acara lomba lari yang tidak ada manfaat langsung kepada pekerja selaku “pemilik” BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Herfin selaku buruh asal Bekasi.

“Seharusnya BPJS Ketenagakerjaan lebih bijak lagi dalam menggunakan anggaran. Lebih baik dana sebesar itu dipakai untuk menggelar training wirausaha, peningkatan skill pekerja, kegiatan sosial berupa bedah rumah pekerja atau santunan kepada ribuan pekerja korban PHK yang hingga kini nasibnya masih terkatung-katung,” tambahnya.

“Selain itu, daripada hura-hura, lebih baik BPJS Ketenagakerjaan fokus pada perbaikan pelayaan dan pengelolaan. Khususnya, terkait minimnya manfaat dari progran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian serta Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya.