Bhakti Untuk Negeri Dalam Rangka Berdirinya Posyandu Nusa Indah VIII RW 08 Asri Pratama

Bekasi, KPonline – Posyandu Nusa Indah VIII RW08 Asri Pratama bekerjasama dengan PT. Astra Group dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi berencana mengadakan donor darah yang akan diadakan pada 6 Juni 2024 di Balai Pancasila RW 08 Asri Pratama Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan.

Hal ini disampaikan ketua RW08 Asri Pratama, Agus Permana, S.H., M.Si melalui pesan di WhatsApp group. “Sumbangkan darah anda untuk membantu saudara kita yang membutuhkan,” tulisnya.

Sebagai Ketua RW ia menghimbau kepada Ketua RT dan jajaran agar menyebarkan informasi ini kepada seluruh warga di lingkungannya. Untuk penyetoran nama para pendonor dari para warga di lingkungan RT ditunggu sampai 25 Mei 2024.

Donor darah adalah aktivitas yang saat ini masih aktif dilakukan di Indonesia. Darah tersebut nantinya akan disimpan di bank darah dan digunakan untuk keperluan transfusi darah bagi orang yang membutuhkan. Namun, donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan, tetapi juga bagi pendonor

Melakukan donor darah secara rutin terbukti bisa memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun berbagai manfaat donor darah adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Kadar Kolesterol
Salah satu manfaat donor darah adalah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Jika kadar kolesterol terkontrol, maka risiko penumpukan plak lemak di pembuluh darah arteri (aterosklerosis) akan berkurang, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Donor darah secara rutin dapat membuat jantung berdetak lebih stabil dan teratur. Apabila sirkulasi darah lancar, maka organ tubuh juga akan berfungsi dengan baik. Di samping itu, rutin mendonorkan darah juga dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kanker. Bahkan, kadar zat besi dalam darah bisa lebih stabil dengan rutin mendonorkan darah.

3. Meningkatkan Produksi Eritrosit Baru
Manfaat berikutnya dari donor darah adalah meningkatkan produksi eritrosit (sel darah merah) baru. Sel darah merah baru dapat mengangkut oksigen dengan lebih efektif ke seluruh organ tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat. Manfaat ini bisa diperoleh karena selama menjalani donor darah, sel darah merah dalam tubuh akan berkurang. Lalu, untuk mengganti sel darah merah yang hilang tersebut, sumsum tulang akan memproduksi eritrosit dan hemoglobin baru yang lebih sehat.

4. Deteksi Dini Penyakit
Sebelum melakukan donor darah, setiap pendonor dapat menjalani pemeriksaan kesehatan secara gratis. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebagai upaya untuk mendeteksi beberapa penyakit menular serius, seperti malaria, sifilis, hepatitis B dan C, hingga HIV.

Tujuan pemeriksaan kesehatan sebelum donor darah adalah untuk memastikan bahwa pendonor dalam kondisi sehat. Namun, jika selama pemeriksaan ditemukan adanya penyakit, maka deteksi dini ini akan membantu penderita mendapatkan penanganan yang tepat sesegera mungkin.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mental
 Tidak hanya memelihara kesehatan tubuh secara fisik, rutin melakukan donor darah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Pasalnya, pendonor akan merasa termotivasi untuk menjalani hidup yang lebih sehat sekaligus membantu orang lain, mengingat bahwa setiap tetesan darah sangat berarti bagi orang yang membutuhkan. Sering melakukan kegiatan atau hal yang positif juga bisa membuat kondisi mental menjadi lebih sehat. (Yanto)