Beberapa Keutamaan Bulan Zulhijjah Bagi Umat Islam

Beberapa Keutamaan Bulan Zulhijjah Bagi Umat Islam

Bekasi, KPonline – Umat islam besok akan merayakan Hari Raya Idul Adha. K.H.Ismet Saputra selaku Imam Besar Masjid Jami’ Al Maunah RW08 Asri Pratama kepada Koran perdjoeangan (16/06/2024) menjelaskan bahwa Idul Adha berada di bulan Zulhijjah yang mana bulan ini adalah bulan suci bagi umat islam.

Bulan Zulhijjah dikenal juga sebagai bulan melaksanakan ibadah haji. Bulan Zulhijjah juga disebut idul kurban.

“Idul adha atau Idul Kurban artinya pada hari Raya Idul Adha kita mengalirkan darah dari hewan yang akan kita kurbankan, baik itu kurban kambing maupun kurban sapi, domba atau onta. Ini kita sangat dianjurkan bagi yang memiliki kemampuan dan kemauan,” kata dia.

Lebih lanjut ia menyampaikan beberapa keutamaan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW  di 10 hari pertama bulan Zulhijjah.

Yang pertama keutamaan hari-hari tersebut adalah tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain 10 hari pertama bulan Zulhijjah. Satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan setahun berpuasa. Satu malam mendirikan sholat malam setara dengan sholat pada malam Lailatul Qadar.

“Jadi satu hari kita berpuasa itu sama dengan kita berpuasa sepanjang seperti kita berpuasa setahun berpuasa, Jadi luar biasa ya,” pungkas KH. Ismet Saputra.

Satu hari sama dengan satu tahun. kita sholat malam maka sholat malamnya itu setara dengan kita sholat pada malam Lailatul Qadar Nah yang mana kalau Lailatul Qadar itu kata Rasulullah SAW,

“Bagi siapa yang beribadah dia mendapatkan Lailatul Qadar satu malam dia beribadah Lailatul Qadar itu,Maka setara sama dengan dia beribadah sepanjang seribu bulan atau lebih kurang 83 tahun lebih, bayangkan, jadi keutamaan dari Zulhijjah,” ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan untuk keutamaan bulan Zulhijjah lainnya akan disampaikan besok. “Selebihnya besok abah sampaikan di dalam kutbah sholat idul Adha ya,” pungkasnya. (Yanto)