Bayi Aqilla Azahra, Pengidap Tumor Mulut, Jalani Operasi Pertama

Bayi Aqilla Azahra, Pengidap Tumor Mulut, Jalani Operasi Pertama



Surabaya,KPonline – 3 Juni 2024 – Bayi Aqilla Azahra, yang kini berusia 10 bulan dan mengidap tumor di mulut, akhirnya menjalani operasi pertamanya hari ini. Aqilla pertama kali bertemu dengan relawan Jamkeswats, Sidiq Murdianto, ketika usianya masih 5 bulan. Perjalanan panjang untuk mendapatkan perawatan yang memadai dimulai sejak kelahirannya pada Juli 2023 di sebuah bidan di Banyuwangi, di mana kelainan sudah terlihat sejak lahir.

Setelah kelahirannya, Aqilla dirujuk ke RSUD Banyuwangi dan didiagnosis dengan tumor mulut. Dia harus masuk ICU selama satu minggu di sana, dengan bantuan pemasangan sonde untuk makan. Saat usianya baru 10 hari, Aqilla dirujuk ke RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, dan diterima di poli bedah plastik serta IGD. Di RSUD Dr. Soetomo, Aqilla menjalani serangkaian pemeriksaan dan opname selama satu minggu di ICU. Namun, setelah dipulangkan, keluarga hanya disarankan untuk kontrol rawat jalan tanpa ada tindakan lanjutan atau kepastian tentang perawatan selanjutnya.

Pertemuan dengan relawan Jamkeswatch menjadi titik terang bagi keluarga Aqilla. Mereka menyampaikan keluhan terkait pelayanan di RSUD Dr. Soetomo yang dianggap kurang memberikan kejelasan tentang tindakan medis bagi Aqilla. Keluarga juga menyayangkan minimnya informasi yang diberikan oleh dokter.

Para Relawan Jamkeswatch  Sidiq Murdianto (Kiri ), bersama Yadex (kanan) bersama Aqilla di RS Dr Soetomo



“Kami relawan Jamkeswatch Surabaya mengawal sangat intens. Dari kita kirim audiensi ke pihak RSUD Dr. Soetomo, saya selaku korda Jamkeswats Surabaya juga berkomunikasi dengan dokter bedah plastik yang saat ini menangani Aqilla,” kata Sidiq Murdianto. Ia juga menambahkan, “Kami juga mengawal terkait kehidupan orangtua Aqilla saat berada di RSUD Dr. Soetomo, mengingat keluarganya berasal dari Banyuwangi dan tidak memiliki sanak saudara di Surabaya.”

Hari ini, berkat upaya dan pendampingan relawan Jamkeswats serta dukungan berbagai pihak, Aqilla berhasil menjalani operasi pertamanya. Tindakan operasi ini dilakukan dalam beberapa tahap mengingat usianya yang masih sangat muda. Orang tua Aqilla berharap putri mereka bisa segera sembuh dan terbebas dari tumor, sehingga dapat tumbuh dan berkembang seperti anak normal lainnya.

“Harapan kami adalah agar Aqilla bisa sembuh total dan menjalani hidup yang normal seperti anak-anak lainnya,” ujar orang tua Aqilla dengan penuh harapan.

Perjalanan Aqilla masih panjang, namun dukungan dan perhatian dari berbagai pihak memberikan secercah harapan bagi kesembuhan dan masa depan yang lebih baik bagi Aqilla Azahra.



(Andri ria putri)

Bacaan Lainnya