Aksi Unjuk Rasa Buruh Miyako di Hadang Preman

  • Whatsapp

Tangerang, KPonline – Perlawanan buruh PT. Kencana Gemilang, yang memproduksi peralatan rumah tangga merk Miyako terhadap kebijakan perusahan yang mem-PHK secara sepihak ratusan buruhnya terus berlanjut.

Hari ini, Rabu (23/11/2016), di depan gerbang pabrik Miyako, Jl Raya Serang km 16,8, Cikupa, Kabupaten Tangerang, masih berlangsung aksi unjuk rasa.

Bacaan Lainnya

Pengusaha menganggap buruh telah habis kontrak. Padahal, selama ini para buruh dipekerjakan sebagai buruh magang selama beberapa tahun dan tanpa jeda. Rata-rata mereka magang selama lebih dari 3 tahun. Bahkan ada yang sampe 9 tahun tanpa jeda. Setelah beberapa bulan di berlakukan sistem kontrak, para buruh di PHK secara sepihak oleh management PT Kencana Gemilang.

Menghadapi aksi unjuk rasa yang dilakukan kaum buruh, perusahaan di duga menyewa preman bayaran untuk berjaga, dan hendak mengusir para pengunjuk rasa.

Menurut beberapa saksi mata yang masih berada di TKP, para preman tidak ingin mobil komando dan masa solidaritas datang ke depan gerbang Miyako dengan cara melakukan penghadangan di depan area perusahaan menggunakan mobil kontainer yang di parkir melintang jalan.

Hal itu dilakukan secara sengaja, supaya mobil komando FSPMI Tangerang Raya dan masa solidaritas, tidak dapat masuk dan bergabung bersama kawan buruh Miyako karena akses masuk kawasan ditutup kontainer, dan dijaga para preman yang diduga bayaran perusahaan.(*)

Penulis: RD. Rizal

Pos terkait