Aksi Longmarch Ribuan Buruh Tangerang Raya Menuju DPR RI

  • Whatsapp

Tangerang, KPonline – Ribuan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten/Kota Tangerang dan Tangerang Selatan dan Aliansi Tangerang Raya (Altar), akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI dan Kantor Menko Perekonomian, di Jakarta. Selasa (25/08/2020)

Dalam aksi unjuk rasa nanti, buruh menuntut agar pemerintah dan DPR RI segera mencabut dan tidak membahas RUU Omnibus Law serta menolak PHK massal akibat covid-19.

Menurut buruh, dalam situasi seperti ini seharusnya pemerintah lebih fokus dan serius terhadap penanganan dalam memutus rantai penyebaran wabah virus covid-19 dan memberikan bantuan terhadap masyarakat atau rakyatnya yang terkena dampak dari virus tersebut.

Dilaporkan, ada sekitar ratusan perusahaan di Tangerang Raya dari kelas menengah hingga perusahaan bonafit sekalipun, telah gulung tikar dan memutus hubungan kerja ribuan karyawannya dengan alasan dampak dari wabah pandemi covid-19.

Ketua Konsulat Cabang FSPMI Kab/Kota Tangerang dan Tangerang Selatan Akhmad Jumali membenarkan hal itu, hari ini kita aksi menuju Gedung DPR RI sebagai sikap kita menolak terhadap upaya pemerintah yang akan mengesahkan RUU Omnibus Law klaster Cipta Kerja.

Lebih lanjutnya, RUU Omnibus Law Cipta Kerja yang digagas oleh pemerintah, merugikan kaum buruh, tidak ada nya jaminan upah, jaminan kepastian kerja dan jaminan sosial. Kata Jumali

Sebanyak 50 armada yang membawa ribuan massa buruh Tangerang ke Jakarta dan rencananya massa aksi buruh akan konvoi melewati jalur Alteri Gatot Subroto-Daan Mogot-Cengkareng-Grogol sampai Gedung DPR.

Sementara itu, Kapolsek Jatiuwung dan Kapolresta Metro Tangerang menghimbau kepada massa aksi buruh untuk tetap jaga ketertiban dan tidak melakukan tindakan anarkis yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Ratusan personil dari kepolisian mengawal jalannya massa aksi dari Titik kumpul hingga ke perbatasan antara Kota Tangerang dengan Jakarta Barat.

Selanjutnya ratusan massa buruh melakukan aksi longmarch dari perempatan Grogol sampai Gedung DPR RI.

Penulis : Chuky
Photo : Kontributor Tangerang