Yuk.. Mengenal Perempuan Dalam Kepengurusan Serikat Pekerja

  • Whatsapp

Foto Kepengurusan Perempuan di PUK SPAMK FSPMI PT. Jtekt Indonesia

Karawang, KPonline – Bidang Perempuan di PUK SPAMK FSPMI PT. Jtekt Indonesia
mempunyai peranan khusus dan sangat penting dalam kepengurusan serikat pekerja karena banyaknya masalah yang dihadapi oleh pekerja perempuan.

Bukan hal yang mudah untuk perempuan terlibat dalam organisasi serikat pekerja, karena masih didominasi oleh pekerja laki-laki.

Ada beberapa kendala bagi perempuan untuk aktif dalam kepengurusan serikat pekerja salah satunya adalah Peran Ganda antara PUK dan sebagai ibu rumah tangga.

Bahkan tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa pekerja perempuan yang aktif dalam organisasi serikat pekerja mempunyai pandangan negatif.

Dan banyaknya kendala dalam organisasi karena Kurangnya pemahaman dan pengalaman serta pengetahuan tentang organisasi serikat pekerja.

seperti lembur paksa dengan sistem target, pelecehan seksual dan juga harus ada yg mengawasi hak-hak Pekerjaan Perempuan, seperti Cuti Haid, Cuti Melahirkan dan Cuti khusus lainnya.

Dan yang paling menohok adalah atasan sendiri sehingga paradigmanya adalah perempuan itu harus takut kepada atasan sendiri.

Maka dari itu kami tergugah untuk ikut dalam kepengurusan di PUK SPAMK FSPMI PT. Jtekt Indonesia. Rana Trimukti sebagai Wakil Sekretaris Bidang Advokasi, Tri Tuswanti sebagai Wakil ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan & K3L dan Tamarin Javaganum sebagai Sekretaris bidang Pemberdayaan perempuan & K3L.

Berjuang untuk kepentingan pekerja perempuan adalah Kewajiban Organisasi Karena perempuan sendiri yang mengalaminya maka perempuan juga harus aktif dalam berserikat.
(Rana Trimukti – PUK SPAMK FSPMI PT. Jtekt Indonesia)