Sudah Hilangkah Solidarity Forever?

  • Whatsapp

Bogor, KPonline – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia versi online di kbbi.web.id, solidaritas memiliki arti sebuah kata sifat (perasaan) solider; sifat satu rasa (senasib dan sebagainya); perasaan setia kawan; (antara sesama anggota sangat diperlukan).

Solidaritas adalah sebuah kata yang memiliki makna dan arti penting dalam sebuah kebersamaan, kekeluargaan, persaudaraan, persahabatan dan juga kekompakan. Kebersamaan adalah hal yang penting bagi sebuah kelompok karena dengan kebersamaan pastilah kita bisa melewati suatu rintangan yang sulit dengan mudah.

Bacaan Lainnya

Kita sebagai manusia tidak boleh egois, pastilah kita membutuhkan orang lain dalam segala urusan. Janganlah merasa kita hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sebuah kebersamaan juga tidak bisa dipaksakan, karena terbentuknya rasa solidaritas pada suatu kelompok itu harus ada kesadaran dari diri kita masing-masing, atau datang dari hati. Jika itu dipaksakan maka bukan solidaritas tinggi yang dirasakan tapi justru perpecahan dan permusuhan yang akan dirasakan.

Terbentuknya solidaritas kebersamaan harus didahului dengan bagaimana kita bisa memahami, mendengarkan, dan mau berbagi antar sesama anggota dalam suatu kelompok tanpa itu sangatlah mustahil untuk membentuk rasa sosial yang tinggi terhadap solidaritas yang ada dalam kelompok.

Kebersamaan atau solidaritas itu bukan hanya dicapai secara fisik atau dalam sebuah aktivitas saja tapi solidaritas itu hanya bisa dicapai dari psikologis setiap individu. Contohnya, saat kita melakukan sesuatu yang menurut kita baik dengan mengajak teman kita melakukan sesuatu yang sama dengan kita mungkin secara fisik dan aktivitas memang bisa dicapai tapi secara psikologi itu belum tentu bisa untuk dicapai. Malah itu akan membuat masalah baru dalam sosial solidaritas, kita justru memaksakan kehendak teman kita sendiri dan itu akan timbul sebuah ketidaknyaman pada kelompok tersebut.

Jika ingin membentuk rasa solidaritas tinggi pada kelompok kita janganlah kita egois dengan cara memaksakan kehendak kita kepada orang lain, seperti yang saya jelaskan pertama dekatilah mereka dengan hati ke hati supaya akan timbul suatu rasa kenyamanan dalam kelompok itu.

Kita harus bisa mengerti bahwa masing-masing individu pasti ada perbedaan secara sifat atau psikologi, dan juga perbedaan yang lainnya, yang harus kita lakukan adalah mengerti tentang perbedaan itu. Perbedaan bukan berarti perpecahan tapi perbedaan bisa membetuk suatu kebersamaan jika ada saling pengertian dan memahami. Solidaritas itu perlu, karena dengan kebersamaan kita bisa meraih sesuatu yang mungkin tidak bisa kita capai sendiri, dan dengan solidaritas kita bisa tumbuh bersama menjadi yang lebih baik.

Dan bagaimana dengan di internal FSPMI sendiri? Apakah rasa solidaritas itu masih ada sampai saat ini? Ataukah itu hanya sekedar slogan saja, tanpa disertai arti dan makna yang sesungguhnya? Di organisasi ini, kita banyak belajar apa itu arti solidaritas dan apa makna yang sesungguhnya. Masihkah ada Solidarity Forever di hatimu Kawan?

Tulisan ini didedikasikan untuk seorang kawan buruh yang militansinya sudah tidak diragukan lagi, tapi seringkali dihalang-halangi oleh PUK-nya.

Pos terkait