Sebanyak 104 Peserta Ikuti Diklatsar Banser Angkatan I GP Ansor Huragi

  • Whatsapp

Padang Lawas, KPonline – Sebanyak 104 peserta berasal dari beberapa kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), ikuti kegiatan Diklatsar Banser Angkatan I yang digelar oleh PAC GP Ansor Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), berlangsung sejak Hari Jum’at sampai Minggu (09-11/10/2020), bertempat di Desa Ujung Batu II Kecamatan Huragi.

Hadir di kegiatan itu, Sekretaris PW GP Ansor Huragi, Ahmad Kamil Lubis didampingi Kasatkorwil Banser Sumut, Muarif Manurung, Sekretaris PC NU Kabupaten Palas, H. Ahmad Sanusi Daulay, Ketua PC GP Ansor Palas, Arfin Hasibuan, Kasatkorcab Banser Palas, Maulana Syafi’i, jajaran Pengurus dan Kasatkorcab Banser Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Supriadi, Ketua MUI Huragi, Syahron Rizal Harahap, perwakilan Koramil 09/Sosa, Pak Doni, Kepala Desa Ujung Batu II, Mukasir Limanaji dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

“Kegiatan Diklatsar kali ini, mengusung tema, Ansor Maju Satu Barisan Menuju Kemandiri Organisasi. Hal inilah yang mengilhami pelaksanaan kegiatan Diklatsar ini, semangat berswadaya dan beerinfaq untuk membesarkan Gerakan Ansor Banser di Kecamatan Huragi khususnya dan Kabupaten Palas, secara umumnya,” ucap Ketua PAC GP Ansor Huragi, Arman Saddam Hasibuan dalam laporannya.

Sekretaris PW GP Ansor Sumut, Ahmad Kamil Lubis dan Sekretaris PC NU Palas, H. Ahmad Sanusi Daulay foto bersama usai opening ceremonial Diklatsar Banser Angkatan I PAC GP Ansor Huragi. Foto : Maulana Syafi’i

“Alhamdulillah, semangat swadaya dan mandiri dari personil Banser Huragi ini, membawa berkah dengan membludak peserta yang begitu antusia mengikuti kegiatan Diklatsar Banser ini sampai sebanyak 104 peserta dan diberikan support oleh Sekretaris PW GP Ansor Provinsi Sumut,” ucapnya Arman.

“Dukungan dan support dari Sekretaris PW Ansor ini dibuktikan dengan langsung turun selama kegiatan berlangsung, dengan turut sertanya Tim Pelatih Diklatsar Banser di bawah komando Kasatkorwil Banser Provinsi Sumut, oleh Sekretaris PW GP Ansor Sumut di kegiatan Diklatsar Banser Angkatan I PAC GP Ansor Kecamatan Huragi ini,” jelas Kasatkorcab Banser Kabupaten Palas, Maulana Syafi’i.

Senada itu, Sekretaris PC NU Kabupaten Palas, H. Ahmad Sanusi Daulay menegaskan, “Dari sekian banyak kader Ansor Banser yang tersebar di daerah Kabupaten Palas, kami mengakui motor pergerakkan Ansor di Kabupaten Palas itu terdapat di Kecamatan Huragi dan Sosa. Sehingga sangat wajar dan beralasan sekali Kecamatan Sosa dan Huragi menjadi Basis pergerakan dan pertumbuhan Ansor Banser di Kabupaten Palas,” sebutnya.

Sedangkan Kepala Desa Ujung Batu II, Mukasir Limanaji menyatakan, pihaknya bersedia menerima dengan hangat, keinginan para personil Ansor Banser yang menjadikan Desa Ujung Batu II menjadi tempat kegiatan Diklatsar Banser kali ini.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Desa Ujung Batu II, kami menerima dengan senang hati dilaksanakannya kegiatan Diklatsar Banser di desa kami ini, asalkan selama kegiatan berlangsung kita tetap bersama-sama menjaga ketertiban dan mengedepankan Protokes Covid19 sesuai himbauan pemerintah,” imbuhnya.

Dalam arahan dan bimbingannya, Sekretaris PW GP Ansor Provinsi Sumut, Ahmad Kamil Lubis menyatakan, dirinya merasa bangga dan terkesan dengan tingginya semangat warga masyarakat di daerah ini yang ingin menjadi personil Banser, di bawah koordinasi dan pembinaan Satkorcab Banser Kabupaten Palas.

“Kami memberikan apresiasi yang setingginya kepada jajaran Satkorcab Banser Palas, Satkoryon Banser Huragi dan jajaran pengurus PAC GP Ansor Huragi yang begitu bersemangat menggelar kegiatan Diklatsar Banser ini,” akunya.

Dengan melihat tingginya antusias dan semangat yang ditunjukkan masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini, lanjutnya, pihaknya sudah berencana akan menggelar kegiatan Susbalan Banser PW GP Ansor Provinsi Sumut, yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Sebagai follow up setelah mengikuti kegiatan Diklatsar Banser, maka akan dilanjutkan jenjang kaderisasinya ke tingkat Pendidikan Kader Lanjutan (PKL) dan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan). PW GP Ansor Provinsi Sumut sudah menjadwalkan pelaksanaannya dalam waktu dekat ini,” jelas Ahmad Kamil Lubis.

Di kesempatan itu, Ahmad Kamil Lubis juga berkontribusi dalam kegiatan penghijau di Desa Ujung Batu II, yakni dengan bersama-sama melakukan penanaman pohon buah-buahan di sekitar lokasi Balai Desa Ujung Batu II dan Masjid Desa Ujung Batu II.

“Bibit buah-buahan yang ditanam adalah bibit buah kelengkeng, buah matowa dan buah mangga, yang berasal dari pusat pembibitan Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumut. Kami berharap kiranya tanaman buah-buahan ini ke depan dapat dirasakan manfaatnya bagi warga masyarakat di Desa Ujung Batu II,” tutupnya. (Maulana Syafi’i)