Saipala Jonggring Saloka, Kita Semua Saudara

  • Whatsapp

Mojokerto,KPonline – Jika kita membaca tulisan diatas pasti kita akan teringat pada Saipala.Ya, Saipala. Kemarin tepatnya pada tanggal 13-14 Januari 2018 telah melaksanakan Diklat Saipala. yang ke-7. Saipala adalah Kelompok Pecinta Alam PUK SPAMK FSPMI PT SAI Mojokerto.

Diklat tersebut diikuti oleh calon anggota Saipala sebanyak 38 orang. Diklat tersebut bertempat di bumi perkemahan Trawas. Antusias dari para calon anggota sangat luar biasa.Semangat mereka begitu membara dan berkobar. Ini terbukti saat mereka sampai ditempat pemberhentian pertama sekitar pukul 10.00 wib menggunakan truk milik TNI AD.

Bacaan Lainnya

Mereka turun dengan senyum gembira canda tawa dari seluruh calon anggota yang kebanyakan belum saling mengenal. Lalu mereka melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sesuai regu yang sudah ditentukan sebelumnya saat upacara pembukaan.

Mereka menyusuri perkampungan warga,  sawah yang membentang luas dengan kondisi jalan yang becek mereka tidak menyerah mereka tetap semangat menyanyikan yel-yel regunya masing-masing. Kemudian mereka sempat singgah disebuah air terjun dan melanjutkan perjalanan hingga ke tempat tujuan.

Setelah mereka sampai, mereka sudah disuguhkan dengan berbagai acara yang telah disusun oleh panitia. Diantaranya adalah materi tentang pendirian tenda, api unggun, pertunjukan pensi, materi PUK, materi Saipala serta pengukuhan anggota

Dari serangkaian acara, yang paling inti adalah pengukuhan anggota. Dimana setiap calon anggota ditugaskan untuk berbaring pada aliran sungai yang kondisinya saat itu saat deras dan dibawah rintik hujan. Mereka harus bertahan selama kurang lebih 15-20 menit serta mengucapkan ikrar. Setelah itu mereka resmi menjadi anggota tetap Saipala.

Disamping itu pada saat upacara penutupan ada sedikit kejutan untuk dua anggota baru Saipala.. Mereka adalah anggota istimewa dari Saipala. karena mereka berdua adalah anggota dengan kebutuhan khusus(difabel). Namun,kekurangan mereka tidak menghambat semangat untuk menjadi anggota Saipala.

“Saya sangat berterimakasih kepada kalian. Dan saya sangat senang berada disini”, Kata Hanafi salah satu anggota yang berkebutuhan khusus dengan menggunakan bahasa isyarat yang diterjemahkan langsung oleh panitia diklat. Ini adalah bukti bahwa Saipala PT SAI tidak peduli siapa kalian, darimana asal kalian yang pasti jika kalian telah menjadi anggota Saipala. maka kalian adala saudara Saipala. (Siti Nur Auliyah)

Pos terkait