Perkembangan FSPMI di Sulawesi Utara

Bitung, KPonline – Sejarah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Sulawei Utara diawali dengan bergabungnya pekerja PT. Industri Kapal Indanesia (PT. IKI) di Kota Makassar dalam Serikat Pekerja Perkapalan dan Jasa Maritim (SPPJM).

SPPJM adalah salah satu serikat pekerja anggota dari FSPMI. Sebagaimana diketahui, anggota FSPMI yang lain adalah Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komoponen (SPAMK), Serikat Pekerja Elektronik Elektrik (SPEE), Serikat Pekerja Logam (SPL), Serikat Pekerja Aneka Industri (SPAI), dan Serikat Pekerja Dirgantara dan Transportasi (SPDT).

Karena PT. Industri Kapal Indonesia Unit Bitung yag terdapat di Propinsi Sulawesi Utara adalah satu kesatuan dengan PT IKI Makassar, sebagai pusat industri maka para pekerja PT IKI Unit Bitung pun bergabung dengan SPPJM – FSPMI pada tanggal 14 Agustus 2009. Saat itu, SPPJM masih bernama Serikat Pekerja Dok dan Galangan Kapal (SPDG).

Dalam usaha pelebaran sayap organisasi FSPMI di kota Bitung, DPP FSPMI melalui SPPJM membuat program seperti workshop dan pendidikan yang melibatkan pekerja/buruh di Bitung.

Hingga akhirnya, pada tanggal 26 November 2011 di Hotel Naelendra, Kota Bitung, terbentuklah DPW FSPMI Provinsi Sulawesi Utara dan PC SPPJM – FSPMI Kota Bitung. Ketika itu, juga dilakukan pembentukan 2 (dua) PUK baru, yaitu, PUK SPPJM – FSPMI PT Samudra Megah Indonesia dan PUK SPPJM – FSPMI PT Malinda Lines.

Kehadiran FSPMI di Sulawei Utara memberi nuansa baru tentang perjuangan serikat pekerja untuk membela hak-hak para pekerja.

Seiring dengan penambahan jumlah anggota, FSPMI Sulawesi Utara menempatkan perwakilan di Lembaga Kerjasama Tripartit. Salah satunya di Kota Bitung, sebanyak dua orang. Selain itu, ada juga Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan. Forum ini dibentuk oleh BPJS Kesehatan pada tingkat Propinsi dan Kabupaten\Kota, baik di Propinsi dan Kabupaten\Kota Ketua Forum Koordinasinya adalah dari Kejaksaan dan Sekertaris BPJS Kesehatan.

Keterwakilan lainnya sebagai anggota dari : Kasie Datun Kejaksaan Negeri Bitung, Kepala Badan Penanaman Modal, Sekertaris Daerah, Disnaker, Perijinan, Perindustrian, serta Serikat Pekerja sebagai anggota Ad Hoc. Perwakilan FSPMI di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Bitung mewakili serikat pekerja pada forum koordinasi ini.

Berikut adalah susunan pengurus DPW FSPMI Provinsi Sulawesi Utara periode 2016 – 2021:

NO

N  A  M  A

JABATAN

DOMISILI

1 FERDINAND LUMENTA, S.IP KETUA BITUNG
2 NUR ALAM ABIDIN, B.Ac WAKIL KETUA BITUNG
3 SUANTO MAKALALAG WAKIL KETUA BITUNG
4 HARDI  SEMBOENG WAKIL KETUA MANADO
5 STENLY  SENDOUW, A.Nt.3 SEKERTARIS MINUT
6 DEBBY  KUEMBA, SE WAKIL SEKERTARIS MANADO
7 NOLVIE  SENDOUW, SE BENDAHARA MANADO

Adapun alamat kantor  DPW FSPMI Sulawesi Utara berada di Jl. Raya Lumimuut,  Teling  Bawah,  Wenang  Kota  Manado 95124, Sulawesi Utara. (Rumah  Kopi  BS  Lt.  2).

Daftar Sekarang