Para Srikandi Dari Banjarnegara

Semarang, KPonline РBerbekal dengan keinginan tahuan tentang pentingnya buruh perempuan dalam berserikat,  tiga orang perempuan dari Banjarnegara yang juga anggota serikat pekerja PUK SPL FSPMI PT VERONIQUE mengikuti  Konsolidasi Kader Perempuan di Semarang, Sabtu (24/11/2018).

Perjalanan panjang selama 5 jam dari Banjarnegara ke Semarang tidak menyurutkan keinginan mereka untuk maju. Berangkat pada pukul 22.30 dan tiba di Semarang pukul 03.30 dinihari ketiganya beristirahat terlebih dahulu di Kantor sekretariat DPW FSPMI Jawa Tengah. Lelah dan letih tak mereka rasakan karena pukul 08.00 harus tiba di lokasi.

Tiga perempuan yang masih bekerja di sebuah perusahaan perhiasan imitasi tersebut adalah Nia Safitri (21), Kris Puji Lestari (22), dan Elisa Fina Saputri (21).
Dari keterangan yang diperoleh, Nia yang sudah bergabung dengan FSPMI sejak Desember 2017 ini mengungkapkan motivasi nya ketika mengikuti konsolidasi di Semarang.

“Buruh perempuan itu harus lebih cerdas, tidak hanya bekerja dan dapat gaji, tetapi juga harus tahu mengenai hak-hak nya sebagai perempuan,” ujarnya.

Sejalan dengan apa yang dipikirkan Nia kedua temannya Kris puji lestari dan Elina Fina Saputri menyatakan bahwa mereka ingin lebih mengerti tentang pentingnya berserikat dan apa saja yang harus mereka lakukan ketika menjadi anggota serikat pekerja.

Mereka menyampaikan pesan untuk buruh perempuan Jawa Tengah agar saling menguatkan satu sama lain, lebih menyadarkan kaum buruh di pabrik masing-masing.serta keinginan besar mereka adalah Banjarnegara tidak menjadi kabupaten dengan upah terendah di Jawa Tengah. (Hid)