Menjadi Bermartabat Adalah Pilihan

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Musnik III PUK SPEE FSPMI PT Nihon Seiki Indonesia sudah terlaksana dengan lancar di Kampoeng Jamoe, Ejip, Cikarang, sejak Agustus lalu. Namun demikian, Musnik tersebut meninggalkan sebuah kenangan yang sangat berharga bagi saya.

Menjadi kebanggaan dan kebahagiaan. Karena mendapat kesempatan berada di dalam perjalanan perjuangan Organisasi ini.

Bacaan Lainnya

PUK Nihon sendiri sudah 6 tahun bergabung dengan Serikat Pekerja Elektronik Elektrik Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPEE FSPMI). Tentunya dalam perjalanan organisasi banyak yang sudah di lewati. Pasang surut, suka duka, dan kegagalan-keberhasilan.

Bagi saya, ini adalah dinamika. Warna dalam berproses bagi pendewasaan organisasi.

Sama halnya dalam Hidup ini, menjalani adalah pilihan. “Sebaik-baiknya manusia, bisa bermanfaat untuk sesama.”

Dengan berserikat seorang pekerja bisa bermartabat. Karena, dasar pergerakan serikat yaitu: Mensejahterakan Anggota beserta keluarganya.

Tiga sosok aktivis ini, yang telah memberi warna dalam Pergerakan PUK Nihon :

1. Amier Mahfouzh (Sekretaris KC FSPMI Kota/Kab Bekasi)

Berawal pada Tahun 2012, kawan Mas Rudi (Ex- Pekerja Nihon) untuk memperkenalkan/ mempertemukan Amier, dengan Kawan-kawan Pekerja Nihon yang berkomitmen mendirikan Serikat Pekerja.

Memang tidak banyak yang saya ingat, tapi “yang utama untuk berorganisasi adalah kemauan kuat, komitmen dan berani menghadapi masalah”.

Saat itu, Amier adalah Pengurus PC (Pimpinan Cabang) FSPMI sektor SPAI (Serikat Pekerja Aneka Industri) maka, menyarankan kepada Kawan-kawan berkonsolidasi dengan PC FSPMI sektor SPEE (Serikat Pekerja Elektonik Elektrik) berdasarkan hasil produksi yang di hasilkan oleh PT Nihon.

2. Nurdin Muhidin (Anggota Dewan DPRD II Dapil I Kab Bekasi)

Waktu itu, Nurdin sebagai PC SPEE FSPMI Bidang I (Organisasi dan Pendidikan) yang memberikan pemahaman, motivasi dan semangat tentang Organisasi. Minggu (4/3/2012) adalah terbentuknya pengurus dan pelantikan PUK SPEE FSPMI PT NIHON SEIKI INDONESIA di PC FSPMI Tanbun oleh Ketua PC Sukamto dan Nurdin Muhidin.

Dalam Pergerakan “Buruh Go Politic” pada tahun 2014 Kawan-kawan Buruh Dapil (Daerah Pilihan) 1 berhasil mengantarkan Nurdin Muhidin menjadi anggota Dewan DPRD di Kab. Bekasi. Gerakan Buruh Go Politic yang tidak ada tujuan lain, selain bagaimana? Suara Kaum Buruh bisa menentukan dan membuat kebijakan yang pro Buruh dan Rakyat.

Tahun 2019, Nurdin yang menjadi salah satu dari sekian banyak kader terbaik FSPMI. Nurdin direkomendasikan untuk maju kembali Menjadi Anggota Dewan periode 2019-2024,tetap amanah,loyal dan terpilih kembali,Semoga.

3. Widodo Bodro Husodho (Manager/HRD PT Nihon)

Dialah, guru SPAMK FSPMI di masanya. Ada “Pelajaran”, yang baik terhadap Organisasi. Menjaga hubungan Industrial antara Serikat Pekerja dengan Perusahaan.

Etika (Moral) adalah modal utama dalam merawat sebuah ‘Hubungan’. Banyak cara serta butuh keberaniaan dalam pergerakan membangun ekonomi, berinovasi untuk meraih kesejahteraan di luar upah. Salah satunya dengan berkoperasi.

Adapun susunan Pengurus hasil MUSNIK 3 PUK SPEE FSPMI PT NIHON SEIKI INDONESIA Periode 2018 – 2022 adalah sebagai berikut:

1. Rahadi Budiyanto (Ketua)
2. Y.Rawadi (Wakil Ketua Bidang I)
3. Sukamto (Wakil Ketua Bidang II)
4. Endang Soemadi (Wakil Ketua Bidang III)
5. Wagiyono (Wakil Ketua Bidang IV)

6. M.Ramdhoni (Sekretaris)
7. Usman A.R ( Waksek Bidang I )
8. Untung B. ( Waksek Bidang II )
9. Purwoto ( Waksek Bidang III )
10. Endang Trimurtini ( Waksek Bidang IV )
11. Arif Rahman ( Bendahara )

Teruslah bergerak, berdjoeang dan jadikan Organisasi ini sebagai tempat belajar, mencerdaskan, saling menjaga dan saling menolong. Agar terwujudnya pekerja yang bermartabat, sejahtera, dan bisa bermanfaat.

Foto by Ocha H.
Penulis @YR

Pos terkait