Mengenal Serikat Pekerja Dirgantara dan Transportasi (SPDT FSPMI)

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Serikat Pekerja Dirgantara dan Transportasi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPDT FSPMI) menyelenggarakan Musyawarah Nasional pertama secara sederhana bertepatan dengan Kongres ke V FSPMI di Surabaya, Jawa Timur, yang diselenggarakan pada tanggal 8-10 Februari 2016.

Berdirinya SPDT sebagai Serikat Pekerja Anggota (SPA) FSPMI bertujuan untuk bisa mengakomodir aspirasi dan keinginan para pekerja yang bekerja di sektor kedirgantaraan dan usaha sejenis, yang selama ini belum mempunyai wadah serikat pekerja bersifat nasional dan berkeinginan untuk bergabung dengan FSPMI.

Namun mencermati kecenderungan perkembangan dunia usaha dan industri saat ini dan di masa depan, dimana setiap sektor usaha semakin saling terkait satu dengan yang lain, sehingga FSPMI memutuskan dan menetapkan adanya perluasan ruang lingkup organisasi dengan memasukkan sektor lapangan usaha transportasi darat dalam SPDT FSPMI. Selain itu, perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa dampak adanya perubahan pola hubungan kerja antara pengusaha dan pekerja, antara lain; munculnya usaha yang berbasis aplikasi internet – jasa transportasi berbasis order online, sesuatu hal baru dalam hubungan industrial yang kita kenal selama ini.

Maka untuk menjawab tantangan sekaligus peluang ini, Pimpinan Pusat SPDT FSPMI dalam program kerja tahun 2016 lebih banyak melakukan sosialisasi tentang keberadaan organisasi SPDT FSPMI ke beberapa kota besar di Indonesia. Selain itu melakukan pemetaan sektor usaha dan potensi calon anggota dengan perencanaan pengorganisasian (rekrutmen calon anggota).

Logo SPDT FSPMI

Mana yang terkandung dalam logo SPDT FSPMI adalah: (1) Warna dasar Hijau Muda. Melambangkan karakter pekerja yang damai,berkompeten “tanpa garis batas” serta memiliki wawasan dan pandangan seluas cakrawala; (2) Bentang sayap terbang dalam formasi yang akurat dan presisi. Melambangkan penguasaan teknologi tinggi di lingkup ke-3 sub sektor kedirgantaraan; (3) Jalan raya dengan garis pembatas. Melambangkan transportasi darat yang aman, nyaman, terintegrasi dan lancar.
Roda gigi: 6 (enam) gerigi melambangkan SPDT menjadi bagian dari Serikat Pekerja Anggota (SPA) yang bergabung dalam FSPMI.

Serikat Pekerja Dirgantara dan Transportasi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPDT FSPMI) tercatat di Dinas Tenaga Kerja Jakarta Timur dengan bukti surat pencatatan nomor. 895/IV/P/X/2016 dengan susunan pengurus sebagai berikut:
Ketua Umum : Suparno B
Wakil Ketua I : Muhammad Ardi
Wakil Ketua II : H. Machmud Syam
Wakil Ketua III : M Iqbal Lubis
Sekretaris Umum : M Syawal Harahap
Wakil Sekretaris I : Rusli
Wakil Sekretaris II : Imelda Susanti
Wakil Sekretaris III : Didi Johandi
Bendahara : Anita Taurisia

Diperlukan kerjasamadan koordinasi antara SPDT FSPMI dengan seluruh SPA FSPMI disertai dukungan dari DPW FSPMI bersama Konsulat Cabang FSPMI yang berada di kota-kota besar di Indonesia, khususnya kota yang memiliki bandara, untuk bersama-sama dalam mensosialisasikan keberadaan SPDT dan melakukan pengorganisasian secara terpadu.

Selain itu, oleh karena keterbatasan sumber daya dan pengalaman didalam menangani kasus perburuhan, maka untuk mengadvokasi permasalahan pola kemitraan di perusahaan jasa berbasis aplikasi order online, PP SPDT FSPMI sangat membutuhkan bantuan DPP FSPMI/ LBH FSPMI agar persoalan hubungan kerja dengan pola kemitraan yang merugikan pekerja selama ini bisa menjadi perjanjian kerja yang saling menguntungkan pengusaha dan pekerja.