Mantan Buruh PT. SSU Surabaya Berpartisipasi dalam Workshop Media Perdjoeangan

Mantan Buruh PT. SSU Surabaya Berpartisipasi dalam Workshop Media Perdjoeangan

Surabaya, KPonline – Guna meningkatkan SDM anggota FSPMI Jawa Timur agar lebih berkompeten di bidang media, Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPW FSPMI) Jawa Timur mengadakan Workshop Media Perdjoeangan bertajuk, “Media Ujung Tembak Organisasi” yang diselenggarakan di Klurak Eco Park, Pacet – Mojokerto , Jawa Timur pada hari Sabtu sampai dengan Minggu (1-2/6/2024.red).

Bacaan Lainnya

Media Perdjoeangan merupakan salah satu pilar dari organisasi Serikat Buruh/ Serikat Pekerja FSPMI yang berperan dalam menyuarakan gerakan kaum Buruh. Hal tersebut dikarenakan masih belum ada media tingkat nasional yang secara khusus memberitakan tuntutan dan perjuangan kaum Buruh.

Workshop ini diikuti oleh perwakilan anggota FSPMI dari beberapa daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, dan Tuban. Dari daftar hadir panitia, ada 35 (tiga puluh lima) peserta workshop termasuk mantan Buruh PT. SSU Surabaya yang sebelumnya tergabung dalam PUK SPAI FSPMI PT. SSU Surabaya sebagai perwakilan dari SPAI FSPMI Kota Surabaya. Sebanyak 3 (tiga) orang turut serta dalam kegiatan workshop tersebut, yakni : Natalia kristiawati, Ayu Fitria Handayani dan Indah Munawaroh.

Suasana Workshop dibawah pohon pinus
Belajar Fotografi bersama Kabiro Media Perdjoeangan Jawa Timur, Khoirul Anam
Belajar menulis berita

“Meskipun sudah tidak tergabung lagi dalam PUK (Serikat Pekerja/ Serikat Buruh yang ada di tingkatan Perusahaan yakni Pimpinan Unit Kerja.red) mereka bertiga masih aktif dalam kegiatan organisasi, maka dari Pimpinan Cabang merekomendasikan.” Kata Maynang Suhartanto selaku Sekretaris Pimpinan Cabang SPAI FSPMI Kota Surabaya.
Untuk mengasa kemampuan di bidang media sehingga dapat membantu organisasi FSPMI, baik dalam hal penulisan berita yang nantinya di posting dalam media online koranperdjoeangan.com – suara kaum buruh, melakukan kegiatan liputan media pada suatu kegiatan organisasi, menguasai teknik editing video sehingga lebih menarik dengan alur cerita yang terkonsep, serta kemampuan menggunakan alat media berikut aplikasi pendukung sehingga membuat tim media lebih kreatif merupakan harapan dari Pimpinan Cabang SPAI FSPMI Kota Surabaya.

Workshop ini dihadiri dan dibuka oleh Jazuli selaku Ketua DPW FSPMI Jawa Timur, sekaligus menghadirkan pemateri dari Media Perdjoeangan Nasional, yakni Iwan Budi Santoso. Turut menjadi pemateri yakni Khoirul Anam dan Ipang Sugiasmoro dari Media Perdjoeangan Jawa Timur.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami bisa mengerti bagaimana cara membuat naskah penulisan yang baik sesuai kaidah jurnalistik yang mencakup 5W 1H dan bagaimana cara mengambil gambar (baik foto dan video) yang benar, ” ujar Ayu Fitria Handayani.

Semoga dengan selesainya mengikuti kegiatan Workshop Media Perdjoeangan Jawa Timur ini, banyak manfaat yang dapat diambil baik untuk kepentingan organisasi maupun manfaat bagi masyarakat umum lainnya. Meskipun sudah tidak lagi tergabung dalam Serikat Pekerja/ Serikat Buruh di tingkat PUK, bukan menjadi halangan bagi anggota FSPMI untuk dapat terus berkarya.

Natalia Kristiawati – Kontributor Surabaya.