Jelang Pergantian Tahun, Gempa Bumi Beruntun Guncang Sumedang

Sumedang, KPonline – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 yang mengguncang Sumedang, Jawa Barat, pada Minggu, 31 Desember 2023 membuat ratusan pasien dari Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang dievakuasi sementara.

Informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pasien yang dievakuasi terdiri dari pasien rawat inap dan pasien IDG. “pasien dievakuasi ke halaman gedung dan lima tempat yang ditempatkan di jalan raya setelah terjadi gempa bumi Magnitudo 4,8 pada hari Minggu (31/12) pukul 20.34,” kata BNPB melalui akun resminya.

Lebih lanjut disampaikan imbas gempa bumi magnitudo 4,8 yang terjadi jelang pergantian malam tahun baru 2024 gedung RSUD Sumedang mengalami keretakan, dan dari peninjauan yang dilakukan oleh tim gabungan, ada tiga bangunan RSUD Sumedang yang retak.

“Bangunan yang mengalami keretakan diantaranya Paviliun, VIP, dan Sakura. Tim terus menyisir titik lain untuk pengecekan lebih lanjut,” ungkap BNPB.

Selain itu, BNPB juga mengatakan terdapat 53 rumah yang rusak dan 200 warga dievakuasi ke lapangan terdekat di wilayah Babakan Hutip. “Tim gabungan saat ini sedang mendirikan tenda di lapangan untuk menampung warga terdampak gempa bumi,” ujar BNPB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa di Sumedang, Jawa Barat, terjadi jelang pergantian tahun baru 2024, tepatnya pukul 20.34 WIB. Pada hari yang sama, sebelumnya gempa mengguncang Sumedang pada pukul 14.35 WIB berkekuatan magnitudo 4,1.

BMKG menyatakan gempa bumi tektonik dangkal yang mengguncang Kabupaten Sumedang itu ditengarai akibat adanya aktivitas sesar aktif. “Gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) guncang Sumedang 4,1 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer dipicu aktivitas sesar aktif (info sementara),” jelas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya.

Sementara informasi dari sahabat media perdjoeangan di Sumedang, gempa bumi terjadi tiga kali dan ini merupakan yang ketiga kalinya mengguncang Sumedang. “Gempa pertama berkekuatan Magnitudo 4,1 sekitar jam 14.35 WIB, gempa kedua berkekuatan Magnitudo 3,4, dan gempa ketiga berkekuatan Magnitudo 4,8.” kata Eulis

“Belum ada informasi terkait dampak dari gempa bumi hari ini. Mudah-mudahan gempa bumi tidak sampai merenggut korban jiwa,” pungkas Eulis. (Yanto)