Inilah Pembekalan dari Ketua DPW FSPMI Jawa Timur dalam Acara Pelatihan Lanjutan Garda Metal Nasional

Inilah Pembekalan dari Ketua DPW FSPMI Jawa Timur dalam Acara Pelatihan Lanjutan Garda Metal Nasional

Mojokerto, KPonline – Kami atas nama dewan pimpinan wilayah (DPW) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) provinsi Jawa Timur senantiasa akan mendukung dan akan mensupport setiap kegiatan semua pilar Garda Metal, Jamkeswatch, Media Perdjoeangan, dan pilar-pilar yang lain.

Tentu ini adalah bagian dari penguatan organisasi, jujur kami ada kekhawatiran 15 tahun yang akan datang bagaimanakah bentuk dan rupa organisasi kita ini, bagaimanakah dengan pilar-pilarnya. Mengingat saat ini kawan-kawan sudah usianya rata-rata 40 tahun yang lebih ada yang kurang sedikit tentu berbicara usia pensiun nanti di 55 tahun.

Persiapan apa yang akan kita berikan kepada estafet kepemimpinan organisasi kita ke depan, sementara tadi disinggung regulasi tentang ketenagakerjaan sama sekali tidak berpihak kepada kita.

Organisasi adalah tanggung jawab kita bersama jadi kawan-kawan dalam pelatihan lanjutan Garda Metal kedua ini akan banyak pembekalan-pembekalan penguatan eksistensi tujuannya adalah menjaga citra diri dan karakteristik Garmet.

Sampai hari ini kawan-kawan sudah jarang sekali kita menyaksikan di televisi dari daerah-daerah yang melaksanakan aksi turun jalan, kalau kita di Jawa Timur bisa dilihat mungkin aksi besar itu ketika mendekati penetapan upah, sehingga hari-hari berikutnya sudah tidak ada lagi kita melihat organisasi-organisasi Serikat Pekerja melakukan aksi unjuk rasa.

Tetapi kita FSPMI Alhamdulillah sampai detik ini aksi itu berjalan terus walaupun menjadi catatan yakni jumlah masa aksinya semakin sedikit inilah PR kita semua dalam menjaga ciri khas atau karakter tadi.

Citra diri itu yang paling penting teman-teman, Serikat Pekerja tanpa demonstrasi ya seperti maaf organisasi karang taruna yang hanya kumpul-kumpul saja. Semakin sering dan banyaknya kegiatan aksi sudah pasti akan ada efeknya.

Salah satu ciri kalau makhluk hidup itu adalah bergerak kalau tidak bergerak ya berarti tidak hidup, dengan banyaknya pergerakan, dengan banyaknya aksi demonstrasi, dengan terus kita melakukan aksi solidaritas, itu menunjukkan bahwasannya organisasi kita itu hidup dan tandanya masih kuat.

Seperti yang disampaikan oleh panitia tadi pulang dari acara ini ada tanggung jawab besar banyak yang harus diemban oleh kawan-kawan yang pertama sampaikan kepada Ketua dan Sekretaris Pimpinan Unit Kerja (PUK) masing-masing juga kepada pengurus PUK nya, Bagaimanakah hasil dari pelatihan lanjutan Garda Metal ini.

Apa yang perlu dikuatkan di basis-basis setiap instruksi organisasi khususnya aksi dan seterusnya agar tidak ada lagi bahasanya mempersulit. Jadi kita harus minta dibantu kelancarannya untuk perizinannya, akomodasinya, bila perlu dengan surat dispensasi nanti akan kita buatkan surat instruksinya.

Itulah sambutan pembekalan yang disampaikan oleh ketua DPW FSPMI Jawa Timur, H. Jazuli, S.H., dalam acara pelatihan lanjutan Garda Metal Nasional yang kedua di OBIS Camp Jl. Raya Trawas KM.11, Jatijejer, Trawas, Jatinom, Jatijejer, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Sabtu dan Minggu (29-30/6/2024).

(Abdul Muis)