FSPMI Tangerang Selenggarakan Pendidikan Advokasi

  • Whatsapp

Tangerang, KPonline – Mengawali minggu pertama di tahun 2017, Pimpinan Cabang SPAI FSPMI Tangerang mengadakan Pendidikan Advokasi. Pendidikan yang diikuti oleh 53 orang anggota, yang merupakan perwakilan dari tiap PUK SPAI FSPMI se-Tangerang.

Bertempat di lantai 3 kantor Konsulat Cabang FSPMI Tangerang, pendidikan advokasi ini di gelar. Pendidikan ini merupakan pendidikan advokasi lanjutan, karna sebelumnya, Minggu (02/10/2016) PC SPAI FSPMI Tangerang juga pernah menggelar Pendidikan yang sama.

Bacaan Lainnya

Bertindak sebagai tutor dalam Pendidikan Advokasi ini adalah Bambang Santoso, yang merupakan Ketua PC SPAI FSPMI Tangerang Raya.

Dalam kesempatan ini, Bambang Santoso menyampaikan materi terkait advokasi, khususnya terkait penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Dimulai dari langkah – langkah awal, tata cara, termasuk teknik menyusun legal opinion, dengan cara mengindentifikasi berdasarkan Fakta Hukum (asas hukum). Hal ini sebagai mana terangkum dalam “roadmap penyelesaian perselisihan.” Terdiri dari mulai Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaliasi.

Dalam sesi selanjutnya, para peserta dibagi menjadi dua kelompok, untuk di berikan kesempatan melakukan simulasi perundingan. Sebagai contoh simulasi antara perwakilan dari pihak pengusaha dan perwakilan dari pihak buruh.

Para peserta terlihat bersemangat mengikuti sesi ini. Pendidikan ini sebagai bukti, bahwa FSPMI memiliki kepedulian yang besar terhadap sumber daya dan peningkatan skill kader-kadernya. (*)

Penulis: RD Rizal

Pos terkait