Bentuk Eksistensi Organisasi, Awal 2024 PC SPL FSPMI Kutai Kartanegara Miliki Sekretariat

Kutai Kartanegara, KPonline – Geliat pergerakan organisasi Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL FSPMI) mulai kelihatan dengan dibentuknya PC SPL FSPMI Kutai Kartanegara oleh PP SPL FSPMI beberapa waktu yang lalu.

Di awal tahun 2024, PC SPL FSPMI Kutai Kartanegara mulai menunjukkan eksistensinya dengan menyewa ruko 2 lokal di Jl. Raya Bpp – Handil II No.64/65 Sanipah RT014, Kelurahan Sanipah Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara yang di jadi sebagai sekretariat PC SPL FSPMI Kutai Kartanegara.

Informasi yang berhasil dihimpun koran perdjoeangan, PC SPL FSPMI Kutai Kartanegara beranggotakan 9 (sembilan) unit kerja dengan anggota kisaran 700 orang anggota.

Sembilan unit kerja tersebut di antaranya :
1. PUK SPL FSPMI PT.Inconis Nusa Jaya
2. PUK SPL FSPMI PT.Ceria Utama Mandiri
3. PUK SPL FSPMI PT.Radiant Utama Interinsco
4. PUK SPL FSPMI PT.Supraco Indonesia
5. PUK SPL FSPMI PT.Baatasithu Boga Services
6. PUK SPL FSPMI PT.Putra Tunggal Mandiritama
7. PUK SPL FSPMI PT.Rifansi Dwi Putra
8. PUK SPL FSPMI PT.Satria Raksa Buminusa
9. PUK SPL FSPMI PT.Trans Dana Profitri

Selanjutnya ketua PC SPL FSPMI Kutai Kartanegara Andhityo mengatakan bahwa mereka menyewa ruko sebagai sekretariat untuk memudahkan komunikasi dan konsolidasi dalam upaya pengembangan dan perkuatan organisasi.

“Kami masih sewa ruko untuk sekretariat, dan saat ini sedang berbenah seperti pengecatan dan pengaturan layout maupun pemasangan rak buku maupun plang papan nama organisasi agar lebih mudah dikenal masyarakat khususnya buruh di Kutai Kartanegara,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan sudah ada tambahan lagi satu PUK sedang proses pencatatan di dinas tenaga kerja Kutai Kartanegara.

“Sementara untuk biaya sekretariat kami masih swadaya patungan dari anggota. Untuk biaya sewa 1 juta per bulan kami sementara patungan demi mewujudkan eksistensi organisasi,” pungkasnya.

Pun demikian sekretaris umum PP SPL FSPMI, Supriyanto melihat informasi PC SPL FSPMI Kutai Kartanegara memiliki sekretariat mengatakan kebanggaan dan apresiasinya.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya buat kawan-kawan PC SPL FSPMI Kukar yang sudah memiliki kantor/sekretariat pimpinan cabang sebagai simbol organisasi. Besar harapan dengan adanya sekretariat semakin memudahkan dalam melakukan konsolidasi, pendidikan juga sosialisasi dalam memberikan pemahaman betapa pentingnya berorganisasi,” kata Supriyanto.

Ia juga berharap organisasi SPL FSPMI cepat berkembang dan kuat menjadi kekuatan baru di wilayah Indonesia timur. (Yanto)