Ayo Dukung Pemogokan Nasional Awal Mobil Tangki

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – KPBI menyerukan agar seluruh anggota KPBI se-Indonesia dan seluruh Jaringan Gerakan Rakyat di manapun berada untuk mendukung pemogokan nasional Awak Mobil Tangki (AMT) yang akan dimulai pada tanggal 19 Juni 2017.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Awak Mobil Tangki (AMT) adalah orang-orang yang selalu berada digaris terdepan selama ini dalam mendistribusikan BBM-BBG bagi industri. Dari mulai tukang bajay sampai para konglomerat yang memiliki mobil mewah di negeri ini.

Bacaan Lainnya

Kerja tak mengenal lelah siang dan malam-tidak mengenal cuaca panas ataupun hujan, mereka terobos agar bisa tiba tepat waktu di POM pengisian bensin (SPBU) untuk memenuhi salah satu kebutuhan vital masyarakat. Meskipun resiko beban kerja (bahan yang mudah terbakar) dan kecelakaan kerja selalu mengiringi AMT disetiap perjalanan menuju SPBU.

Namun lagi-lagi kita dipertontonkan dengan praktek ketidak adilan yang dilakukan oleh Perusahaan Pertamina Patra Niaga, salah satu anak perusahaan dari perusahan BUMN-PERTAMINA. Perusahan yang mengeruk laba bersih sepanjang 2016 tahun lalu sebesar USD 67,38 juta atau RP 895 miliar (naik 82,1% dari laba tahun sebelumnya), diikuti dengan pencapaian volume penjualan BBM di tahun 2015 sebesar 1,54 juta KL atau meningkat 12% dari tahun sebelumnya. tetapi disisi yang lainnya masih jauh dari kata kesejahteraan bagi pekerjanya.

Crew AMT selama puluhan tahun bekerja dengan status kontrak dan outsourcing, jam kerja panjang tanpa upah lembur, ketika sakit harus menanggung biaya sendiri karena tidak diikut sertakan BPJS oleh perusahaan. Baru-baru ini, 350 pekerja di PHK hanya melalui pesan singkat atau SMS.

“Oleh karena itu kami memohon maaf kepada seluruh masyarakat apabila dapat mengganggu perjalanan mudik lebaran anda. Pemogokan Terpaksa kami lakukan demi keadilan dan rasa kemanusiaan disetiap perusahaan yang telah mengeruk keuntungan dari hasil kerja kaum buruh,” demikian disampaikan dalam seruan yang ditandatangani Ketua Umum KPBI Ilhamsyah dan Sekretaris Jenderal KPBI Damar Panca Mulya.

Oleh karena itu, KBPI menyerukan kepada seluruh anggota KPBI dan seluruh elemen gerakan rakyat untuk dapat bersatu padu mensuport pemogokan Awak Mobil Tangki (AMT) yang tersebar dibeberapa Depot Pertamina wilayah JABODETABEK – Jawa Timur – Sumatera – Sulawesi Selatan. Dengan cara: (1) Membantu kampanye pemogokan AMT di media sosial; (2) Memberikan Suport ke Depot-Depot terdekat dimasing-masing kota (Jakarta-Pelumpang, Makasar, Lampung, Medan, Ujung Berung, Tasik, Padalarang, Tegal, Surabaya, Banyuwangi); dan (3) Membuat pernyataan dukungan terhadap pemogokan AMT.

Foto: Khamid Istakhori

Pos terkait