PHK karena Efisiensi, PT Pakerin di demo FSPMI Mojokerto

Mojokerto, KPonline – Pabrik kertas dan bahan kimia PT. Pakerin, hari ini (12/09/2019) di demo oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Mojokerto.

Ratusan anggota FSPMI Mojokerto melakukan demonstrasi di depan perusahaan PT Pakerin dengan membawa banner tuntutan aksi, bendera organisasi dan mobil komando.

Koordinator lapangan yang juga sekaligus Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Aneka Industri FSPMI Kabupaten Mojokerto Eka Hernawati mengatakan pada media tujuan digelarnya aksi.

“Hari ini FSPMI turun jalan untuk membela anggota, Kami mengingatkan dan meminta perusahaan memenuhi hak pekerja sebagaimana putusan pengadilan.” Tegas Eka.

Menurut Eka, aksi ini dilakukan karena PT Pakerin mem PHK salah satu anggota FSPMI dengan dalih efisiensi dan sudah dinyatakan kalah di meja pengadilan akan tetapi tidak ada niat baik dari perusahaan untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.

Padahal sudah 3 kali gugatan dilayangkan PT Pakerin ke pengadilan hubungan industrial dan 2 kali kasasi di Mahkamah Agung untuk membenarkan tindakannya. Kesemua gugatan PT Pakerin ditolak oleh pengadilan dan dikuatkan oleh putusan MA.

Menurut Eka PT Pakerin sengaja mengulur-ulur penyelesaian sehingga permasalahan yang dimulai sejak tahun 2013 itu berlarut-larut tanpa kejelasan. Padahal jelas-jelas PHK efisiensi tidak dibenarkan dalam peraturan perundangan dan pengajuan perundingan sudah dilakukan.

Kuat indikasi PHK dilakukan karena Junaedi dan kawan-kawan membentuk Serikat Pekerja dan Junaedi terpilih menjadi ketuanya.

Eka juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pengguna jalan untuk memahami dan memberikan kesempatan kepada massa aksi menyuarakan tuntutannya.

“Mohon maaf kepada masyarakat dan pengguna jalan karena perjalanan anda terganggu.ini tidak lain disebabkan tidak jelasnya sikap perusahaan kepada kaum pekerja.” Ucapnya.

Ratusan massa FSPMI yang melakukan aksi di depan PT Pakerin membuat lalu lintas Krian – Mojosari tersendat. Kepolisian pun mengalihkan kendaraan dari arah Krian melalui Krembung.

(Suwanto)