Tekan Angka Kecelakaan Kerja, FSPMI Batam Adakan Diskusi K3

Batam,KPonline – Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut. Keselamatan dan kesehatan kerja juga merupakan suatu usaha untuk mencegah setiap perbuatan atau kondisi tidak selamat, yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Guna menjelaskan dan memberi pencerahan terhadap masalah K3, hari ini (Sabtu, 25/11/17) di selenggarakan diskusi K3 oleh Serikat Pekerja Elektronik Elektrik (SPEE) FSPMI Batam dengan mendatangkan pemateri dari Pengurus Pusat SPEE Sri Mangunah.

Sri Mangunah dalam pemaparannya mengatakan diskusi keselamatan dan kesehatan kerja juga berguna agar tenaga kerja memiliki pengetahuan dan kemampuan mencegah kecelakaan kerja, mengembangkan konsep dan kebiasaan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, memahami ancaman bahaya yang ada di tempat kerja dan menggunakan langkah pencegahan kecelakaan kerja.

Peserta diskusi yang semuanya buruh perempuan ini nampak begitu semangat mengikuti sesi tanya jawab.

Sri Hastuti salah satu peserta diskusi mengatakan seharusnya memang ada jaminan keselamatan perempuan yang bekerja di perusahaan ketika dia harus shift malam, ada fasilitas transportasi yang mengantarkan mereka pulang sampai rumah,” terangnya

Adanya diskusi K3 diharapkan dapat meminimalisasi kecelakaan kerja sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja para tenaga kerjanya. Namun, perlu diingat bahwa hal ini tidak dapat disama ratakan antara laki-laki dan perempuan.

Adanya perbedaan peraturan mengenai K3 ini dilatarbelakangi oleh perbedaan dalam hal anatomi dan  fisiologis tubuh keduanya, namun kerap diperlakukan sama saat bekerja. Dengan adanya perbedaan tersebut, perempuan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan keselamatan kerja yang lebih dari laki-laki.

Kontributor Batam: Ali Gani

 

Facebook Comments