Solidaritas untuk AMT Pertamina Patra Niaga

Bogor, KPonline – Ratusan pekerja AMT PT. Pertamina Patra Niaga yang merupakan anak PT. Pertamina menggelar aksi unjuk rasa dan solidaritas di Tugu Kujang Kota Bogor, Rabu (11/10/2017). Aksi dipusat Kota Bogor ini bertujuan menggalang dukungan dari masyarakat Bogor untuk buruh AMT Pertamina Patra Niaga yang akan melakukan long march Bandung-Jakarta pada tanggal 13 Oktober 2017 nanti.

Aksi longmarch lusa akan mengusung beberapa tuntutan. Diantaranya agar pihak Pertamina Patra Niaga mempekerjakan kembali karyawan yang sudah di PHK sepihak, Pengaturan ulang jam kerja, dan Penghapusan Sistem Kerja Outsourching dilingkungan BUMN. Hal ini bukan tanpa alasan, karena beberapa bulan lalu tepatnya dibulan Mei telah terjadi PHK sepihak terhadap 5000-an buruh AMT Pertamina Patra Niaga. Bahkan buruh yang di PHK diberitahu hanya dengan melalui SMS.

Seperti yang diungkap koordinator aksi Hilmansyah, “Hari ini kita mengadakan penggalangan dukungan dari masyarakat Kota Bogor khususnya untuk kawan kawan yang akan Longmarch dari Bandung ke Jakarta Jumat nanti. Kondisi diperusahaan kami sungguh sangat memilukan, PHK yang dilakukan sudah tidak berperikemanusiaan, pemberitahuan tentang PHK dilakukan hanya melalui kabar SMS. Masih banyak pelanggaran lagi seperti Jam Kerja yang tidak beraturan. Kami hampir bekerja 12 jam perhari tanpa dihitung lembur, hal ini yang sangat membuat kami marah. Kami bekerja puluhan tahun tapi belum diangkat menjadi karyawan tetap”.

Hal-hal tersebut yang membuat buruh AMT Pertamina Patra Niaga untuk bergerak dan memperjuangkan hak-haknya. Jam kerja yang panjang sangat berbahaya untuk keselamatan pekerja, terlebih-lebih untuk bagian transportasi khususnya pengemudi. Bahkan sering terjadi kecelakaan dikarenakan pekerja kelelahan. Belum lagi status kawan-kawan buruh yang masih outsourching, walaupun mereka sudah mengabdi puluhan tahun.
Ini adalah sebagian kecil potret pekerja yang berlindung dibawah BUMN.

Dimana peran negara ketika buruh-buruh tidak dilindungi hak-haknya? Dimana peran negara ketika rakyatnya yang sudah mengabdi di BUMN berteriak karena hak-haknya dirampas?

Berikut adalah penjelasan singkat terkait dengan longmarch yang akan dilakukan buruh AMT Pertamina Patra Niaga.

Penulis: Suroto

Facebook Comments