Ini Hasil Audiensi Jamkeswatch Dengan Dinkes DKI Jakarta

Jakarta,KPonline – Audiensi Jamkes Watch KSPI dengan Kepala Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta, Koesmedi Priharto, Jumat, 12 Januari 2018, menghasilkan beberapa kesepakatan demi terwujudnya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang lebih baik antara lain:

1. Kepala Dinkes Prov. DKI Jakarta sangat terbuka dengan kehadiran Jamkes Watch sebagai lembaga pengawas implementasi jaminan kesehatan di Indonesia & siap bersinergi dengan Jamkes Watch terkait dgn pengawasan implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Jakarta.

2. Dinkes Prov. DKI Jakarta punya banyak program terkait kesehatan yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat Jakarta.

3. Jamkes Watch & Dinkes Prov. DKI Jakarta akan bersama2 melakukan sosialisasi manfaat & pelaksanaan jaminan kesehatan ke masyarakat di tingkat kelurahan di Jakarta.

4. Kepala Dinkes Prov. DKI Jakarta juga meminta Jamkes Watch untuk melaporkan jika ada pengaduan dari masyarakat yang kesulitan dalam mendapatkan layanan kesehatan di Jakarta. Beberapa laporan dari masyarakat yang sering diterima & diadvokasi oleh Jamkes Watch antara lain;
– kesulitan mencari kamar di RS.
– masih ada RS yang meminta iur biaya atau bahkan mengatakan tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan padahal seharusnya dijamin.
– obat yang susah atau dikatakan tidak dijamin.
– pasien yang diminta mencari sendiri kamar di RS lain jika pasien harus di rujuk ke RS lain. Padahal itu adalah kewajiban RS untuk mendapatkan kamar di RS lain.
– Itu hanya sebagian laporan dari permasalahan di masyarakat.

Semoga kehadiran Jamkes Watch bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh
masyarakat di Indonesia. Aamiin…

Note: Jamkes Watch adalah lembaga pilar yang didirikan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sebagai lembaga pengawas implementasi jaminan kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di Indonesia. Jamkes Watch sudah memiliki kepengurusan di 17 provinsi & memiliki relawan yang siap membantu masyarakat yang kesulitan saat akan menggunakan JKN – BPJS Kesehatan.
Jamkes Watch menjadi bukti peranan & kontribusi KSPI untuk memberi manfaat bagi masyarakat.

Penulis: Sabda Pranawa Djati
Sekretaris Jenderal-DPN Jamkes Watch

Facebook Comments