Cuaca Batam Berasa di Puncak, Ini Penyebabnya

Batam,KPonline – Sudah hampir seminggu cuaca di kota Batam di guyur hujan,meski tidak terlalu lebat kondisi ini merubah suhu yang biasanya mencapai 31 derajat celcius ke atas kini hanya berkisar antara 23 hingga 28 derajat saja.

Pemakaian pendingin ruangan di rumah maupun di kantor otomatis juga berkurang drastis.

“Saya biasanya mengatur suhu ruangan 27 derajat, eh, di luar ternyata lebih dingin lagi.” Ujar salah seorang warga Batam.

“Batam kini terasa seperti di puncak, dingin banget.” Tambahnya.

Seperti di kutip dari Badan Lingkungan Nasional (NEA) Singapura, perubahan cuaca yang drastis ini di karenakan gelombang monsun yang mempengaruhi Laut Cina Selatan dan wilayah sekitarnya dan di perkirakan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Gelombang ini menyebabkan kondisi berangin dengan periode hujan ringan sampai sedang, dan kadang-kadang disertai guntur.

Kondisi langka seperti ini membuat warga Batam menjadi betah di rumah dan enggan untuk beraktifitas di luar rumah.

Petugas Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Hang Nadim Batam, Pande Made Rony, mengatakan suhu dingin di Batam mencapai 22,6 derajat Celsius.

“Itu hampir mendekati suhu di ambang normal Kota Batam,” ujar Pande, Jumat (12/1/2018) di kutip dari liputan6.

Pande mengatakan, suhu dingin seperti berada di ruangan ber-AC itu, terbilang fenomena langka karena hanya terjadi lima tahun sekali.(Ete)

Facebook Comments